Gempa-Tsunami Pagatan Hoaks, Polda Kalsel Buru Pelaku Penyebar Info

0

INFORMASI berantai yang beredar di grup WA bikin resah. Warganet pun dihebohkan adanya informasi gempa dan tsunami yang melanda kawasan Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu dipastikan hoaks alias berita bohong.

BEREDARNYA informasi ini pun membuat warganet resah dan heboh. Mereka mempertanyakan kebenaran informasi yang mengkhawatirkan itu.

Rupanya pihak Polres Tanah Bumbu tak tinggal diam. Polisi langsung menyikapi informasi yang menyebut wilayah Pagatan dilanda gempa dan tsunami tersebut adalah hoaks.

“Kami pastikan informasi yang menyebutkan kawasan Pagatan terjadi gempa itu hoaks atau tidak benar. Jajaran Polres Tanah Bumbu sudah memberitahukan kepada masyarakat, salah satunya melalui media sosial,” ujar Kabid Humas Polda Kalsel  Kombes Pol M Rifa’i saat dikonfirmasi awak media di Banjarmasin, Sabtu (5/1/2019).

BACA :  Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Kalsel Tahan MRR Dengan Dugaan Penyebar Informasi Hoax

Menurut Rifa’i, saat ini Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel telah menerjunkan polisi siber melacak pelaku yang pertama kali melakukan penyebaran berita gempa dan tsunami di Pagatan tersebut.

“Ini lagi diusut teman-teman di Ditreskrimsus Polda Kalsel.  Kami minta agar masyarakat jangan resah dan terpancing isu-isu hoaks semacam itu. Kami ingatkan agar bijak dalam bermedia sosial,” tutur Rifa’i.

BACA JUGA :  Maraknya Penyebaran Berita Hoax Ancaman bagi Bangsa

Menurut dia, sebaiknya masyarakat ketika mendapat informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya agar selalu waspada.

“Sebaiknya cek dulu ke pemerintah daerah atau aparat keamanan terkait. Kalau ragu dengan informasi itu, lebih baik minta pendapat atau sharing dulu sebelum di-share atau dibagikan di media sosial,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.