Pantai Takisung Diterjang Badai, Pengunjung Berlarian Selamatkan Diri

0

BADAI menerjang kawasan Pantai Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Minggu (1/1/2019) sore, sekitar pukul 16.50 Wita. Angin kencang dari arah perairan Laut Jawa disertai hujan deras, membuat pengunjung pantai untuk mengisi liburan tahun baru berlarian.

DARI video amatir yang beredar di media sosial, menggambarkan suasana panik yang dialami para pengunjung. Beberapa tenda yang terpasang dihantam angin kencang. Warga pun berlarian dari bibir pantai menuju tempat-tempat yang aman.

Kepala Satuan Kepolisian Perairan (Satpolair) Polres Tanah Laut Iptu Dading Kalbu Adie membenarkan kejadian tersebut.

BACA :  Liburan di Pantai, Kapolda Kalsel Imbau Waspada Gelombang Tinggi Laut

Ia mengimbau agar warga tetap tenang dan waspada terhadap segala kemungkinan buruk. “Kami meminta agar segera kembali ke rumah masing-masing. Begitupula, para pengunjung pantai agar berada di tempat yang aman, hingga angin kencang ini berakhir,” kata Dading.

Ia mengakui badai angin yang cukup kencang terjadi di Pantai Takisung, tidak dialami pantai-pantai lainnya yang jadi tujuan wisata liburan tahun baru di Kabupaten Tanah Laut.

“Untuk sekarang masih hujan kecil dengan disertai angin kencang. Sedangkan pantai lainnya juga disertai angin kencang, namun tidak sekencang di Pantai Takisung,” ucap Dading.

Untungnya, dalam terjangan angin kencang tak ada korban jiwa. “Jangan sampai adalah (korban). Kami sudah berusaha maksimal untuk mengimbau warga dan pengunjung agar tak berada di bibir pantai, apalagi sampai berenang dengan cuaca ekstrem seperti sekarang,” tegas Dading.

BACA JUGA :  Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Satpolairud Polres Tanah Laut Tebar Imbauan

Sementara itu, Sekretaris Desa Tambangan, Muliadi mengakui angin kencang sempat berhembus di Pantai Batakan dan sekitarnya. Termasuk, sempat menggoyang pemukiman warga.

“Dalam kejadian ini, tidak ada korban. Memang, gara-gara badai ini, pantai relatif sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, kebanyakan pengunjung tak berani datang ke sini,” kata Adi.

Menurut Adi, hembusan angin kencang dan disertai hujan deras sudah berlangsung dalam hampir sepekan ini. Untuk itu, Adi pun mendukung apa yang dilakukan aparat Satpolair Polres Tanah Laut dengan memasang papan pengumuman agar pengunjung dan warga waspada.

Sebelumnya, Pantai Takisung yang menjorok ke laut lepas juga diserbu air pasang (rob), hingga membuat sejumlah kawasan terendam air laut.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.