Catatan Akhir Tahun Jejakrekam: 10 Topik Pilihan Meja Redaksi

0

7) Relokasi Pasar Bauntung Banjarbaru, Antara Untung dan Buntung

Langkah Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani yang ingin merelokasi Pasar Bauntung ke Stadion Mini Haji Idak Jalan RO Ulin, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan juga mendapat perhatian. Ratusan pedagang menolak, tapi sang walikota tetap berkeinginan memindah pasar.

Menurut pedagang, pasar yang bersejarah ini begitu membekas dalam ingatan. Lokasi baru pasar juga dianggap sepi. Beberapa kali sosialisasi, baru para pedagang dinyatakan menerima usul dari Nadjmi. Namun, dari amatan jejakrekam.com, ada juga yang membantah klaim dari sang walikota bahwa mereka telah bersedia pindah.

Diketahui, pembangunan pasar di Stadion Mini Haji Idak bakal selesai tahun 2020 mendatang. Sembari menunggu, Pemkot Banjarbaru melakukan pendataan pedagang. Nadjmi berkeinginan, pasar bisa tertata, bersih, dan tak sempit, hingga akhirnya dapat dinikmati semua warga.

[table id=Pasar /]

8) Jalan Ruwet Pemilihan Rektor ULM

Pemilihan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2018-2022 akhirnya mendapatkan titik terang dengan terpilihnya sang petahana, Sutarto Hadi.

Dalam agenda pemilihan, pernah mengemuka kabar dugaan kecurangan. Dari pernyataan Forum ULM Bersih, Sutarto dituding menggunakan dana Islamic Development Bank (IDB) yang didapatkan ULM untuk kepentingan pilrek. Dana ini sempat diduga sebagai modal penggalangan dukungan suara Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) agar dirinya terpilih kembali. Caranya, dengan mengumpulkan para perwakilan senat di sebuah hotel.

Namun, kabar itu langsung dibantah perwakilan senat dan Humas ULM. Sekretaris Senat ULM, Harpani Matnuh memastikan kampus tidak dibersentuhan dengan uang IDB. Nah, jika dana hibah IDB diisukan dipakai untuk karantina dan suksesi salah satu kandidat, dia mengatakan kabar itu tidak benar.

“Jika ada buka puasa bersama di bulan Ramadhan lalu, tentu sah-sah saja. Jika ada isu karantina perlu diklarifikasi lagi. Saya tidak bisa menyatakan karantina betul atau tidak, setahu saya ada inisiatif beberapa orang untuk tidur di situ (maksudnya di salah satu hotel di Banjarmasin),” ujar Harpani Matnuh.

[table id=ULM /]

9) Ruwetnya Mencari Solusi Macet Jalan Simpang Ulin

Kemacetan Jalan Simpang Ulin, yang menjadi akses utama pintu masuk Duta Mall Banjarmasin belum selesai hingga sekarang. Setelah ditelisik dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, rupanya wadah perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani itu memang belum punya mengantongi Amdal Lalu Lintas.

Bahkan, saking dibuat jengah, mantan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rachmat Mulyana memberi ancaman akan ‘menutup’ karena minim koordinasi dengan pihak kepolisian selaku pemegang otoritas penuh pengaturan lalu lintas.

[table id=DMMacet /]

10) Pekan Kelam di Penghujung November

Selain kasus kejahatan narkoba, publik juga sempat digegerkan dengan rentetan kasus penganiayaan, pembunuhan, dan bunuh diri. Terjadi beriringan dalam satu pekan di penghujung bulan November 2018, penemuan mayat tanpa kepala, pembunuhan Levie di mobil Swift, pejabat kemenkumham Kalsel disiram air keras, hingga tewasnya seorang anggota kepolisan dengan cara bunuh diri kami sebut sebagai pekan kelam.

Beruntung, dengan gerak cepat polisi telah menangkap masing-masing pelaku. Selain itu, pada pemberitaan kolom hukum & kriminal kami, terdapat banyak sederet kasus pembunuhan dan aksi bunuh diri yang terjadi sepanjang tahun 2018. Tentu, tak bisa kami sebutkan satu per satu.(jejakrekam)

[table id=Levie /]

Penulis Tim Redaksi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.