Beda Pandangan Hasil Reses Fraksi Partai Golkar dan Partai Demokrat

0

FRAKSI Partai Golkar DPRD Kalsel menilai realisasi dari aspirasi masyarakat yang dirangkum dalam hasil reses anggotanya selama tahun 2018 dinilai cukup banyak.

NAMUN, pada tahun 2019 diharap jajaran eksekutif dapat lebih meningkatkan realisasi dari hasil reses yang dilakukan kalangan legislatif.

“Kami menilai selama 2018 ini sudah cukup banyak yang direalisasikan oleh Pemprov Kalsel,” ujar H Supiah HK usai menyerahkan hasil reses masa sidang III tahun 2018.

Perwujudan hasil reses, diantaranya menyangkut bidang, pendidikan, kesehatan, jalan melalui APBN, sektor pertanian, termasuk HPS di Desa Jejangkit, hingga bantuan pemerintah pusat di HSU untuk folder Alabio, yang memiliki luas lahan tidur dan sudah dibuka sebanyak 370 ribu hektar.

Berbeda, Ketua Fraksi Partai Demokrat, H Fikri menyebutkan kendati ada beberapa hasil reses yang direalisasikan oleh pemerintah daerah, seperti jalan, jembatan, pertanian, pelatihan keuangan bagi petugas desa dan kecamatan, namun persentasinya masih di kisaran 20 persen.

Sebab, aspirasi yang diperoleh tersebut kebanyakan masalah yang masuk ranah kabupaten. Jika ada aspirasi yang disampaikan skala besar, maka anggaran yang dialokasikan tak sekaligus dapat dianggarkan.

BACA : Sekdaprov : Tambahan Dana Reses Melihat Kemampuan Keuangan Daerah

Untuk itu, selaku wakil rakyat, maka semua aspirasi rakyat yang disampaikan harus diwujudkan satu persatu. “Ini menyangkut kredibilitas kita dan kepercayaan rakyat yang memilih kita dan kerja kita dilihat,” kata Fikri, Minggu (30/12/2018).

Terlebih menurut dia, ujung dari sebuah perjuangan anggota dewan adalah konkritnya apa yang menjadi aspirasi masyarakat, khususnya pada masalah ekonomi yang saat ini dirasakan sangat sulit.

“Saya berharap 2019 nanti aspirasi melalui hasil reses wakil rakyat yang disampaikan ke eksekutif dapat ditingkatkan lagi realisasinya,” kata Fikri.

Sebelumnya, pada Rabu (26/12/2018), delapan fraksi DPRD Kalsel menyerahkan hasil reses tertulis kepada pimpinan DPRD disaksikan oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Delapan Fraksi dewan yang menyerahkan, yaitu Fraksi Golkar, PDIP, PPP, PKB, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Perubahan Berhati Nurani (PBN).

Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin, menyebutkan, penyerahan hasil reses masa sidang III Tahun 2018, dikarenakan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, dituntut untuk melakukan internalisasi secara intensif dengan konstituennya.

Selanjutnya, sebut Burhanuddin, dalam hal anggota dewan melakukan kunjungan kerja ke dapil masing-masing, untuk menyerap aspirasi masyarakat pemilihnya. “Itulah yang disebut masa reses yang dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun atau setiap masa sidang,” kata dia.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.