Di Tengah Cuaca Ekstrem, Panorama Riam Kanan Masih Memesona

0

MESKI cuaca Kalimantan Selatan pada umumnya diwarnai hujan lebat disertai petir seperti dirilis Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor, ternyata animo masyarakat untuk mengisi libur panjang di tempat wisata, jelang tutup tahun 2018 dan tahun baru 2019, tak berkurang.

BUKTINYA, hujan disertai petir di barisan Pegunungan Meratus, terutama di Kecamatan Aranio dan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Minggu (30/12/2018), tak membuat warga takut mendaki Bukit Matang Kaladan.

Mereka tetap antusias untuk menyaksikan barisan pulau yang membentuk gugusan layaknya Raja Ampat di Papua Barat. Di puncak gunung ini, warga bisa menikmati panorama Raja Ampatnya Kalsel yang masuk zona Bendungan PM Noor atau Riam Kanan yang berada di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio.

BACA :  Jadi Ekowisata, 22 Jenis Bambu Berbagai Negara Perkaya Vegetasi Tahura Sultan Adam

Beberapa pengelola objek wisata yang termasuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam ini tetap memperingatkan pengunjung untuk berhati-hati saat berada di Bukit Matang Kaladan.

“Dengan cuaca ekstrem seperti sekarang, kami harus memperingatkan warga yang menaikki bukit untuk menyaksikan Bendungan Riam Kanan dari atas. Apalagi, kebanyakan warga yang datang tak hanya berekreasi, namun juga bermalam atau camping,” ucap Ramlah, salah satu pengelola objek wisata di Riam Kanan kepada jejakrekam.com, Minggu (30/12/2018)

Cukup membayar Rp 3 ribu untuk tiket masuk, para wisatawan pun bisa menikmati suguhan view Pegunungan Meratus. “Pokoknya, warga kalau datang ke sini, pasti puas. Apalagi bisa menikmati saat matahari terbit (sunrise) atau matahari tenggelam (sunset),” kata Ramlah.

BACA JUGA :  Akses Jalan Dibenahi Demi Wisata Tahura Sultan Adam

Warga Banjarmasin Idrus mengaku puas bisa menikmati keindahan Bendungan Riam Kanan dari atas bukit. Sebab, pemandangan selepas hujan reda, justru makin indah.

“Kami berangkat rombongan ke sini. Ya, memanfaatkan waktu libur sekolah dan liburan akhir tahun bersama keluarga,” ucap warga Jalan Teluk Tiram Darat ini.

Walau cuaca tak bersahabat, Idrus mengatakan masih bisa disiasati dengan tetap hati-hati. Apalagi, saat turun hujan yang disertai petir. “Terpenting, jangan terlalu memaksakan diri dengan cuaca seperti sekarang. Kami tetap utamakan keselamatan diri,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.