Disdik Barut Operasikan Server Dapodik

0

GUNA memenuhi tuntutan zaman,  dimana data pendidikan di daerah harus terhubung dengan Kementerian Pendidikan di Jakarta, maka Dinas Pendidikan Barito Utara sudah menggunakan server dapodik.

KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara,  H Masdulhaq,  Kamis (27/12/2018) mengatakan, server tersebut memang ada sejak  2015.  Namun,  penggunaannya baru dilakukan pada akhir 2018.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pusat. Bahkan mereka sudah datang ke Muara Teweh guna mengoperasikan alat tersebut,  dan saat ini sudah tersambung dengan pusat,” kata Masdulhaq.

BACA : Disdik Barut Gelar Bimtek Penetapan Angka Kredit untuk Kenaikan Pangkat Guru

Dengan adanya server dapodik ini, kata dia,  maka semua akses,  baik para pegawai, jumlah guru, hingga murid dapat diakses melalui website dinas pendidikan.  “Melalui aplikasi yang sudah dibuat kita dapat mengetahui nama guru, murid bahkan para pegawai,” jelasnya.

Masdulhaq memaparkan,  saat ini ada dua pegawai dinas pendidikan sebagi tenaga operator untuk menjaga server, sehingga mudah diakses melalui jaringan internet. Dengan adanya server ini juga dapat memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi khususnya masalah pendidikan di Barut.

Dikatakannya,  selain data pokok pendidikan,  masyarakat juga dengan mudah mendapatkan informasi lainnya, seperti kegiatan dibidang pendidikan di seluruh kecamatan. Dengan begitu masyarakat hanya cukup membuka aplikasi untuk mengetahui seluruh kegiatan.

“Saat ini memang seluruh kegiatan dinas pendidikan harus terakses oleh pemerintah pusat,  dengan begitu sekecil apapun permasalahan dapat dikoodinasikan untuk perbaikan ke depan,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.