ACT

Drainase Wajib Dibenahi Kalau Ingin Minimalisir Genangan Air

0 237

MENJADI pemandangan biasa, saat musim hujan atau sungai pasang, maka beberapa ruas jalan di Banjarmasin pasti tergenang air.

TINGGINYA curah hujan dan Kota Seribu Sungai berada di dataran rendah, diklaim Pemkot Banjarmasin penyebab jalanan di Banjarmasin rentan tergenang air.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Arufah Arief menuturkan jalan yang tergenang air saat musim hujan dan air sungai pasang, menjadi pekerjaan rumah bersama dan harus ada solusinya.

“DPRD Banjarmasin mengimbau Dinas PUPR Banjarmasin selalu siaga bila terjadi hujan, agar banjir bisa diminimalisir,” ucap kata Politikus PPP ini.

BACA : Ahli Pengairan Australia Sarankan Sistem Drainase Banjarmasin Dikaji Lagi

Menurutnya, walau Banjarmasin berada di dataran rendah, bukan berarti genangan air tidak bisa diantisipasi. Salah satu yang perlu dibenahi, yakni drainase.

“Misalnya, drainase tidak mampu mengalirkan air hujan, maka harus ada solusinya, seperti disedot atau sebagainya,” ungkap Arufah.

Ia mengatakan, dampak yang terlihat saat ada genangan air adalah lalulintas yang tidak lancar. “Agar tidak berlarut, mau tidak mau petugas harus standby,” pungkasnya.

Sebelumnya, ahli pengairan dan sistem jaringan drainase modern asal Australia, Shane Elson, mengakui masalah banjir yang tiap saat menghantui Banjarmasin serta daerah lainnya, seperti Martapura dan Banjarbaru, perlu sebuah solusi yang tepat.

Menurut Shane Elson, sepatutnya jalan-jalan protokol di Banjarmasin, seperti Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Brigjen H Hasan Basry, dan lainnya harusnya bebas dari banjir.

Ia mengakui sistem drainase yang baik adalah mampu menyalurkan air sebesar-besarnya ke daerah tangkapan air.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.