Para Acil Pasar Terapung Promosikan Bakul di Pasar-Pasar Modern

0

JIKA biasanya para acil berada di atas sampan atau jukung di atas Sungai Martapura, Pasar Terapung Banjarmasin, tiap akhir pekan. Kini, para pedagang memilih naik ke darat. Ada apa? Ternyata, mereka mempromosikan bakul purun di pusat perbelanjaan modern terbesar di Banjarmasin.

KEHADIRAN para acil pasar terapung dengan dandanan yang khas, penutup kepala dari sarung (selungkup), menarik perhatian pengunjung Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (22/12/2018). Dengan menenteng tas tradisional khas Banjar yang terbuat dari anyaman purun, rerumputan liar yang tumbuh di rawa, para acil pun tampil beda.

Keterlibatan para acil ini untuk menyosialisasikan agar para pengunjung dan pembeli di pusat perbelanjaan modern di Jalan Achmad Yani Km 2, segera mengurangi pengunaan kantong plastik yang lama didaur ulang itu. Dengan bakul purun, volume sampah plastik bisa dikurangi di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami ingin menunjukkan jangan malu membawa bakul purun ke mall. Sebab, bakul purun merupakan warisan budaya Banjar yang penuh kearifan lokal, jadi patut dilestarikan,” ucap Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Mokhammad Khuzaimi kepada jejakrekam.com, Minggu (23/12/2018).

BACA : Ada Saingan, Nasib Kawasan Wisata Pasar Terapung Kuin Kian Menyepi

Pria yang akrab disapa Jimie ini mengatakan bakul purun bisa menjadi wadah alternatif untuk berbelanja ke toko-toko modern. Termasuk, mempromosikan keberadaan Pasar Terapung Banjar kepada para pengunjung mall, demi meningkatkan kunjungan wisatawan.

Lucunya, karena tidak terbiasa berada di ruangan ber-AC, salah satu acil mengaku sempat pusing. Terpaksa, dia duduk untuk istirahat dan berada di ruangan terbuka.

“Sosialisasi penggunaan bakul purun ini menindaklanjuti kebijakan Walikota Banjarmasin yang melarang penggunaan kresek. Jadi, bakul purun bisa digunakan untuk wadah berbelanja,” ucap Jimie.

BACA JUGA : Bagi Pengalaman Atasi Sampah, Walikota Ibnu Sina Beber Keberhasilan Pelarangan Kresek

Menurut dia, promosi penggunaan bakul juga akan meningkatkan pendapatan bagi para pengrajin serta pedagang pasar tradisional. Sebelumnya, promosi penggunaan bakul sudah menyasar retail-retail modern yang ada di Banjarmasin.

“Kebanyakan bakul purun ini dibuat industri rumahan. Jadi, jika makin banyak yang membeli dan menggunakan bakul purun, tentu akan meningkatkan pendapatan para pengrajin,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.