Malam Pergantian Tahun, Polresta Banjarmasin Berlakukan Car Free Night

0

MALAM pergantian tahun 2018 ke 2019 pada Senin (31/12/2018) malam, Polresta Banjarmasin akan memberlakukan malam bebas berkendaraan atau car free night.

ADA tiga jalan protokol yang ada di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan dijadikan car free night untuk mengantisipasi membludaknya massa menyaksikan malam pergantian tahun.

Tiga jalan itu adalah Jalan Jenderal Sudirman, mulai simpang empat Jalan Merdeka hingga simpang tiga Korem 101/Antasari). Kemudian, Jalan Lambung Mangkurat (simpang empat Jembatan Merdeka sampai dengan simpang empat Jalan Telawang), hingga Jalan Pierre Tendean (simpang tiga Tempekong sampai dengan simpang tiga Rumah Makan Ponti).

BACA : 1.654 Personil Polri Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru di Banua

Wakil Kapolresta Banjarmasin AKBP Rahmat Budi Handoko menjelaskan pemberlakuan malam bebas berkendaraan ini diterapkan sebelum lama pergantian tahun sejak Senin (31/12/2018), mulai pukul 19.00 Wita hingga Selasa (1/1/2019) pukul 01.00 dinihari.

“Lokasi yang ditetapkan sebagia kawasan malam bebas berkendaraan ini merupakan wilayah yang biasanya menjadi konsentrasi dan berkumpulnya masyarakat,” ujar Rahmat Budi, saat ditemui usai apel Operasi Lilin Intan 2018 di halaman Mapolresta Banjarmasin, Jum’at (21/12.2018).

Ia menjelaskan dengan adanya pemberlakuan car free night, penutupan beberapa ruas jalan dilakukan Polresta Banjarmasin. Pihaknya juga membuat tiga rekayasa pengalihan arus, agar tak terjadi kemacetan dan kepadatan pengguna jalan raya.

BACA JUGA : Penarikan Uang Saat Natal dan Tahun Baru Diprediksi di Kalsel Rp 2,1 Triliun

“Kami minta masyarakat juga harus menaati dan mematuhi arahan petugas di lapangan, supaya pergantian tahun di Kota Banjarmasin berjalan lancar dan aman,” ucap mantan Kapolres Hulu Sungai Selatan ini.

Rahmat menambahkan guna mengantisipasi membludaknya masyarakat di lokasi malam bebas berkendaraan atau car free night, sebanyak 11 lokasi dipersiapkan sebagai kantong parkir.

“Di antaranya yang menjadi lokasi kantong parkir yakni Balai Kota Banjarmasin, dekat Hotel Batung Batulis, juga sekitaran kawasan Siring Tendean,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.