Antisipasi Lonjakan Penumpang, PT AP I Dirikan Posko Monitoring Angkutan Udara

JELANG  Natal dan Tahun Baru 2019, pihak PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor mendirikan posko monitoring lalu lintas angkutan udara.

POSKO yang direncanakan berdiri selama 18 hari atau mulai H-6 perayaan Natal sampai dengan H+6 pelaksanaan tahun baru, yakni mulai 20 Desember 2018, hingga 6 Januari 2019 mendatang.

“Salah satu fungsinya posko ini untuk memantau dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa sebagai antisipasi menghadapi lonjakan penumpang,” ujar Indah Preastuty, General Manager Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru.

BACA : Terminal Baru, Potensi Bisnis di Bandara Syamsudin Noor Makin Besar

Indah menambahkan dalam posko monitoring lalu lintas angkutan udara ini diisi berbagai institusi. Diantaranya, jajaran TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Darat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Polri, Air Navigation Indonesia, BMKG, Basarnas, Asuransi Jasa Raharja Putera, dan maskapai serta groundhandling.

“Kami siap melayani angkutan natal dan tahun baru. Untuk kesiapannya, kami sudah koordinasikan dengan seluruh jajaran posko agar selalu siaga,” jelas Indah.

BACA JUGA : Lanud Syamsudin Noor Juara Umum IIKC Tahun 2018

Kemudian, tambah Indah, untuk mengantisipasi apabila ada lonjakan penumpang berbagai hal telah dipersiapkan, diantaranya mempersiapkan sebuau gedung sebagai tempat beristirahat untuk penumpang yang datang mendahului jadwal keberangkatannya. Alternatif lain untuk penumpang transit akan dialokasikan ke sebelah ATM Center dan teras Masjid yang berada dilingkungan Bandara Syamsuddin Noor.

“Begitu pula jika terjadi penumpukan kendaraan di area parkir maka yang akan kami lakukan diantaranya membuka parkir VVIP sebagai parkir sementara serta alternatif lain dengan menggunakan parkir inap Kokapura, parkir inap APS, lahan parkir perkantoran, serta lapangan bola. Diharapkan semua upaya ini mampu mengurangi kendala penumpukan penumpang,” papar Indah.

Selain mendirikan layanan posko, untuk semakin memeriahkan moment Natal dan Tahun Baru, pihak bandara Syamsudin Noor juga telah mempersiapkan serangkaian program mulai dari gelaran seni tari khas Dayak, musik akustik, pertunjukan musik panting khas Kalimantan Selatan, pembagian souvenir untuk penumpang, termasuk juga untuk pelepasan penumpang terakhir 2018 dan penyambutan penumpang pertama di tahun 2019 mendatang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang senantiasa mendukung penyelenggaraan posko khususnya di Bandara Syamsudin Noor sehingga setiap tahunnya pelayanan prima tetap terjaga meski saat arus mudik yang membutuhkan upaya ekstra. Semoga pelayanan posko tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Indah.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza