Setelah Kabupaten Layak Huni, HSU Raih Anugerah Parahita Ekapraya

0

BUPATI Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid HK menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori madya dari Kementerian Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

APE diserahkan Wakil Presiden HM Yusuf Kalla dan Menteri PPPA Yohanna Susana Yembise di Istana Wakil Presiden, Rabu (19/12/2018).

Bupati HSU H Abdul Wahid HK bersyukur karena HSU meraih Anugerah Parahita Ekapraya, setelah meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak dan juga sebagai Kabupaten Peduli HAM.

Menurutnya, penghargaan itu merupakan bukti nyata dari komitmen HSU dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten HSU. “Ini merupakan bukti nyata dan keseriusan serta komitmen kami dalam pelaksanaan PUG di HSU,” kata Wahid.

BACA : Secara Nasional, Amuntai Kota Terbaik Layak Anak

Mantan ketua DPRD HSU ini menambahkan, sebagai wujud pelaksanaan PUG, pihaknya memberikan kepercayaan kepada empat perempuan sebagai kepala SKPD.

Selain itu, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kerjasama dan kebersamaan antara Pemkab HSU dengan masyarakat, khususnya dinas/instansi terkait.

Kadis PPPA HSU Hj Gusti Iskandariyah menjelaskan, HSU berhasil meraih APE karena Kabupaten HSU sudah melaksankana PUG dengan tujuh syarat atau kategorinya, yakni Komitmen dengan adanya Perda PUG, kelembagaan/pokja, SK lokal Point, dimasukkanya PUG dalam RPJMD dan komitmen kepala SKPD sudah terbentuk serta data dan peran serta masyarakat.

Setelah itu, ungkapnya, setelah persyaratan itu dinilai dan dimasukkan aplikasi dilanjutkan dengan evaluasi terhadap data2 yang dimasukkan. “Kami juga berkomitmen setelah meraih APE kategori madya, kami akan berusaha meraih APE dengan kategori yang lebih tinggi lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Muha
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.