Sepekan Ini, Harga Komoditas Sayur Merangkak Naik

0

SEJUMLAH komoditas sayuran mengalami lonjakan harga di Pasar Bauntung Banjarbaru. Kenaikan harga ini dipicu pasokannya mulai berkurang, akibat tingginya curah hujan belakangan ini.

MESKI sejumlah pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru di bawah bayang-bayang keresahan dengan rencana relokasi pasar ke Jalan RO Ulin. Namun, sejumlah pedagang masih membuka usahanya, hingga malam hari.

Misalnya, Marikun (47 tahun) pedagang sayur di Pasar Bauntung Banjarbaru. Pedagang sayuran ini mengatakan, sekarang ini sejumlah komoditas sayuran, harganya mulai merangkak naik di pasar tradisional di Banjarbaru. Ia menyebut harga bawang merah naik Rp 3 ribu per kilogram, yakni dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu.

Kemudian, harga wortel juga naik dari Rp 18 ribu menjadi Rp 22 ribu, atau naik Rp 4 ribu dalam setiap satu kilogram. Sedangkan, sayuran seperti Sawi naik juga harganya, dari Rp 6 ribu per ikat menjadi Rp 8 ribu.

BACA : Meski Masih Rendah, Telur dan Daging Ayam Ras Picu Inflasi Kalsel

“Kenaikan harga ini sekitar satu pekan sudah berlangsung. Pasokannya ke pasar sini memang berkurang,” ujar Marikun kepada jejakrekam.com di Banjarbaru, Sabtu (15/12/2018).

Marikun juga mengungkapkan, sejumlah komoditas sayuran lainnya masih stabil, seperti tomat, cabe, kubis, dan kentang.

“Nah, kalau harga telur ayam sudah lama naik. Sekarang harga telur ayam sudah mencapai Rp 27 ribu per kilogram, padahal sekitar setengah bulan yang lalu, hanya Rp 20 sampai Rp 22 saja per kilogram,” pungkas Marikun.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.