Tiap Jumat, Sasar Kaum Marjinal, 300 Nasi Bungkus Foreska Ludes

0

PEDULI keberadaan kaum marjinal kota, Forum Relawan Sosial Kecamatan (Foreska) Banjarmasin Tengah bergerak menyisir pusat kota di Banjarmasin. Misi Jumat Berkah pun digelar dengan membagi-bagikan nasi bungkus bagi kaum dhuafa, pengemis, gelandangan, pengguna jalan dan lainnya di seputaran Jalan Pangeran Samudera, Jumat (14/12/2018) pagi.

DIANGKUT dengan mobil pickup, nasi bungkus itu ludes. Para penarik becak, pedagang keliling, ibu-ibu hingga anak-anak pun menyerbu mobil pickup yang berada di depan Pos Polisi Sudimampir.

“Sudah pekan kelima ini, Foreska membagi-bagikan nasi bungkus kepada pengguna jalan yang ada di Banjarmasin. Kami hanya ingin berbagi, karena banyak pula para pengemis, gelandangan dan lainnya yang belum bisa menikmati santap siap walau dengan lauk sederhana,” tutur Ketua Foreska Banjarmasin Tengah, M Irfan Hadi kepada jejakrekam.com, Jumat (14/12/2018).

BACA : Warga Risih Lihat Gelandangan Berkeliaran di Kawasan Siring Tendean

Ia menjelaskan organisasi sosial Foreska Banjarmasin terdiri dari berbagai unsur TKSK, PSM, Tagana, Karang Taruna, hingga aparat kecamatan, kepolisian dan TNI serta lainnya.

Untuk keperluan bagi-bagi nasi bungkus, Irfan mengatakan dananya didapat dari urunan semua relawan. Menu sederhana nasi bungkus seharga Rp 6 ribu itu, hanya hitungan jam sudah habis. “Kami berharap bisa menggugah para dermawan dan lainnya untuk bisa berbagi sesama, walau hanya dengan nasi bungkus,” ucap Irfan.

Mastur, penarik becak pun mengaku senang dengan adanya aksi sosial bagi-bagi nasi bungkus. Menurut Mastur, dengan melahap nasi bungkus yang diberikan relawan Foreska Banjarmasin Timur, tenaganya bisa pulih kembali usai mengayuh becak mencari dan mengantarkan penumpang.

“Saya berharap malah kegiatan semacam terus berlanjut. Kami sangat tertolong dengan pembagian nasi bungkus ini,” kata Mastur.

BACA JUGA : Gepeng yang Berkeliaran di Siring Tendean Diamankan Satpol PP Banjarmasin

Ditambahkan Sekretaris Foreska Banjarmasin Tengah, Elisa dari unsur UPPKS, kegiatan bagi-bagi nasi bungkus hanya bagian dari bakti sosial yang dihelat pihaknya. “Kami juga mengajar baca tulis bagi anak-anak tak mampu. Termasuk, berbagai kegiatan sosial lainnya untuk membantu masyarakat Banjarmasin yang termarjinalkan,” kata Elisa.

Kepala Pos Polisi Sudimampir Ipda M Riduan pun mengatakan aparat kepolisian tentu sangat mendukung kegiatan sosial semacam itu. Makanya, Ipda Riduan bersama rekannya pun langsung turun tangan memberi pengawalan dan pengamanan, saat pembagian nasi bungkus yang berlangsung dari pukul 09.00-11.00 Wita, jelang shalat Jumat.

“Kebanyakan nasi bungkus ini dibagikan kepada kaum dhuafa, pengamen, pengemis, tukang ojek, penarik becak dan lainnya. Kami mendukung dan berharap para dermawan bisa meniru langkah Foreska Banjarmasin Tengah ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.