Sampaikan Hasil Pemeriksaan, Persoalan Administrasi Menjadi Salah Satu Catatan  

0

BADAN Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Kalimantan Tengah  telah menyerahkan laporan hasil pemeriksaan kinerja dan PDTT semester II tahun 2018 di aula Kantor, Jumat (14/12/2018).

KEGIATAN dihadiri wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Set Enus Y.Mebas dan beberapa kepala dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, selain itu juga hadir beberapa bupati.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, mengatakan, masih ada ditemukan beberapa permasalahan,baik yang berkaitan dengan administrasi maupun hal hal lainnya.

Menurutnya, ada tiga hal yang perlu dibenahi  yaitu, tentang manajemen aset. Kemudian tentang pengelolaan dana desa, serta pengelolaan pendanaan pendidikan bagi  Peserta Didik melalui program BOS dan PIP.

Menurutnya, dari hasil audit kinerja tersebut yang menjadi penekanan adalah perlu adanya verifikasi data peserta didik yang di input ke aplikasi dapodik oleh sekolah dan dinas pendidikan Barut, sehingga perhitungan  dana BOS pusat, Bosda,dan PIP lebih akurat.

Hal ini juga  perlu adanya perhitungan kebutuhan pendanaan pendidikan yang layak di sekolah, perlu adanya reward dan punisment kepada sekolah dalam hal pelaporan dana BOS dan pengelolaan dapodik, karena berdampak pada penilaian Kinerja Kepala Dinas Pendidikan maupun kinerja kepala sekolah.

Untuk di ketahui, Dinas Pendidikan Barut adalah  satu satunya sebagai sampel Audit Kinerja di Provinsi Kalteng, untuk seluruh Indonesia ada 57 kabupaten/ kota di tunjuk menjadi sampel tahun 2018.

Tujuan Audit Kinerja ini adalah untuk perbaikan Pengelolaan Pendanaan Pendidikan untuk sekolah dan peserta didik .Bagi Kepala sekolah yang memiliki peningkatan Kinerja, maka akan dikucurkan dana Bos Kinerja dari Kemendikbud RI, terhitung mulai tahun 2019 yang akan datang.

Kepala Dinas Pendidikan Barut, Drs.H Masdulhaq mengharapkan dari  jumlah 171 kepala Sekolah SDN/ Swasta  dan 41 Kepala Sekolah SMPN/swasta  agar berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja di sekolah nya masing masing.

“Kita tekankan agar seluruh dapat meningkatkan kinerja.karena ini masuk dalam penilaian kinerja,”katanya.

Sementara itu ketua DPRD Set Enus Y Mebas sangat mengparesiasi kinjera dinas pendidikan selama ini, oleh karena dukungan anggaran setiap tahun terus berjalan. Bahkan, jumlahnya sangat besar.

Dengan besarnya anggaran yang dialokasikan, maka dewan berharap memacu kinerja agar lebih baik lagi.hal ini untuk kemajuan pendidikan di wilayah Barut.

“Dengan menjadi contoh laporan hasil kinerja,maka kedepannya lebih ditingkatkan lagi sesuai dengan anggaran yang diberikan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.