Cek Harga, Paman Birin Ajak Kapolda dan Danrem ke Pasar Sentra Antasari

0

KETERSEDIAAN pangan jelang perayaan Natal dan Tahun 2019 di pasar, langsung dicek Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. Ia pun mengajak Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan Danrem 101/Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman berkeliling ke pasar yang ada di Kalsel, Kamis (13/12/2018) pagi.

MENITI ruas jalan di kawasan Pasar Sentra Antasari yang becek dan berbau, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini, nekat menjalaninya. Meski mengangkat sedikit celana kain hitam dibalut batik sasirangan, gelak tawa terdengar ketika Paman Birin justru menikmati jalan becek di pasar induk sembako di Banjarmasin itu.

Kedatangan Paman Birin bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan Danrem 101/Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman untuk memantau langsung pasokan dan harga bahan pokok di Pasar Sentra Antasari.

Mengawali pemantauan, Paman Birin mengunjung los pedagang daging dan ayam potong. Dialog pun terjadi. Paman Birin menanyakan perkembangan harga dan persediaan daging dan ayam potong di pasar.

BACA : Ada 33 e-Warung Tersebar di Banjarmasin, Peserta PKH Bisa Berbelanja Sembako

Usai berbincang, Paman Birin langsung memborong 20 ekor ayam potong untuk dibawa pualng. Kemudian, pemantauan dilanjutkan ke los pedagang bumbu masak dan beras, serta menyapa para pedagang telur.

“Dari hasil obrolan tadi, menurut keterangan sejumlah pedagang, harga kebutuhan pokok masyarakat masih relatif stabil. Walau, ada beberapa harga komoditas yang mengalami kenaikan, namun angkanya tak terlalu signifikan,” kata Paman Birin.

Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini berharap harga sembako masih terjaga dalam memenuhi kebutuhan warga Banjarmasin dan sekitarnya, terkhusus bagi umat Kristiani yang akan merayakan Natal. “Setidaknya, harga sembako tidak memberatkan masyarakat,” ucap Paman Birin.

Sedangkan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengimbau agar para pedagang tidak memainkan harga atau menimbun barang dagangan, khususnya sembako. “Pedagang jangan memainkan harga jelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Yazid.

Jenderal bintang dua ini mengungkapkan dari hasil pemantauan di lapangan, belum ditemukan atau dicurigai  adanya permainan harga atau pedagang yang sengaja menimbun barang. “Yang pasti, kami terus melakukan pengawasan di lapangan,” tegas Yazid.

BACA JUGA : Jual Sembako Super Murah, Danrem Antasari: Lebih Mahal dari Pasar, Dikeluarkan dari Stand

Usai di Pasar Sentra Antasari,  rombongan Gubernur Kalsel meluncur ke Pasar Ahad, Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Kemudian, ke Gudang Beras Bulog di Jalan Achmad Yani Km 23.

Sebelumnya, Paman Birin pun menyempatkan mampir di warung makan di samping belakang Terminal Antasari untuk bertemu para pedagang dan pengunjung pasar.

Lazimnya Paman Birin yang suka makan di warung saat kunjungan, warung makan Itin dan Idah pun dipenuhi para pejabat, ASN dan perwira Polda Kalsel dan Korem 101/Antasari. Kesempatan makan bersama di warung, dimanfaatkan Paman Birin untuk berbincang soal kondisi pasar dan lainnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.