Tahun Depan, Armada Sampah Layani Kecamatan Teweh Baru

0

OPERASIONAL truk angkutan sampah yang menyasar wilayah perkotaan di Kabupaten Barito Utara, utamanya Kota Muara Teweh. Sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga dan lainnya kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Kilometer 14, Jalan Puruk Cahu, Kalimantan Tengah.

PERLUASAN wilayah angkutan sampah pun telah disusun Pemkab Barito Utara untuk tahun 2019 nanti. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Tata Kota Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara, Simamoraturahman kepada jejakrekam.com, di Muara Teweh, Rabu (12/12/2018).

Ia mengungkapkan untuk tahun anggaran 2019, jangkauan truk angkut sampah diperluas hingga Kecamatan Teweh Baru.

BACA :  PT Pegadaian Gandeng Bank Sampah Sosialisasikan Tabungan Emas

Menurutnya, saat ini, armada angkutan sampah sebanyak 11 unit telah dioperasikan setiap hari. Armada ini bergerak ke seluruh wilayah perkotaan untuk mengambil sampah pada setiap tempat pembuangan sementara (TPS) yang ada.

“Seiring dengan rencana perluasan jangkauan di wilayah Kecamatan Teweh Baru, yakni di Kelurahan Jingah, maka kami akan segera membangun  pihaknya akan membangun beberapa TPS serta pengadaan tong sampah,” ucap Simamoraturahman.

Ia menegaskan TPS dan tong sampah yang ada nantinya bisa dimanfaatkan seluruh warga di Kecamatan Teweh Baru, sebelum diangkut ke TPA Km 14.

“Kami mengajakmasyarakat agar sadar kebersihan, seperti program pemerintah. Yakni, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di lingkungan masing masing,” tuturnya.

BACA JUGA : Andalkan Pungutan di Rekening PDAM, Retribusi Sampah Dipatok Rp 14 Miliar

Selain itu, masih menurut dia, bidang tata kota juga terus mengingatkan agar warga, saat membuang sampah sesuai dengan tempatnya, yakni yang sudah disediakan.dan jangan menaruh di atas trotoar.

“Kami telah melaksanakan sosialsiasi ke tengah masyarakat agar kesadaran hidup bersih selalu terjaga dengan baik. Salah satunya membuang sampah pada waktunya dan tempat yang sudah disediakan,” ujar Simamoraturahman.

Pihak juga berharap melalui pengumuman dan imbauan dapat memberi dampak bagi masyarakat. Terutama, kesadaran yang tinggi di lingkungan tempat tinggal, baik dalam gang, jalan raya hingga perumahan.(jejakrekam)

 

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.