Sudah Empat Tahun, Tabalong Kembali Terima Penghargaan Peduli HAM

0

WAJAH Bupati Anang Syakhfiani semringah. Sudah empat tahun terakhir Kabupaten Tabalong yang dipimpinnya menerima apresiasi kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan terakhir diterimanya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Selasa (11/12/2018).

KETIKA menerima piagam, Pemkab Tabalong tidak datang sendiri. 12 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan lainnya juga menerima penghargaan serupa. Meski ada satu daerah yang menerima apresiasi sebatas cukup peduli HAM.

Apa yang membuat Tabalong terpilih? Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tentang Kabupaten/Kota peduli HAM, kabupaten yang berada di ujung Banua ini telah memenuhi tujuh kriteria yang ditetapkan Kemenkumham RI. Misalnya saja, perhatian terhadap persoalan hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan dan lingkungan yang berkelanjutan.

BACA: Peduli Hak Asasi Manusia, 12 Daerah di Kalsel Raih…

Kriteria daerah kabupaten/kota Peduli HAM bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah serta memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Anang Syakhfiani menyatakan sangat bersyukur dengan penghargaan. Terhitung sebanyak empat kali Tabalong berhasil meraih penghargaan kabupaten Peduli HAM. “Syukur alhamdulillah empat tahun berturut-turut Kabupaten Tabalong menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Menteri Hukum dan HAM,” ujarnya.

Penghargaan ini ungkapnya bisa didapat berkat kerja keras semua lini jajaran di lingkup Pemkab Tabalong. Serta dukungan DPRD Tabalong, unsur FKPD dan instansi vertikal lainnya. “Kedepan mudah-mudahan bisa lebih baik lagi, sehingga kami dapat terus mempertahankan penghargaan ini,” harapnya. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.