Dirgahayu

Dampingi Walikota Ibnu Sina ke Tiongkok, Tiga Pimpinan DPRD Ikut Serta

JIKA Walikota Banjarmasin Ibnu Sina pergi ke luar negeri, sepertinya sudah jamak. Sebelumnya pernah ke Belanda, Korea, Australia, Jepang dan negara lainnya. Namun, kali ini untuk menghadiri undangan United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific di Guangzhoe, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada 9-10 Desember 2018, rombongan walikota turut didampingi pimpinan DPRD Banjarmasin.

ACARA bertajuk Peer Learning Workshop Localising New Urban Agenda (NUA) and Sustainable Development Goals (SDGs) gelaran UCLG Asia Pasific, tercatat Ketua DPRD Banjarmasin Hj Ananda bersama dua Wakil Ketua Arupah Arief dan Budi Wijaya turut ikut pergi ke kota metropolitan di negeri tirai bambu itu.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina pun cukup aktif berbagi foto kegiatannya di akun media sosial (medsos) seperti instagram selama di Guangzhou, baik berfoto bersama keluarga maupun rombongan, termasuk pimpinan dewan.

BACA :  Puar Kritisi Seringnya Ibnu Sina ke Luar Negeri Bersama Keluarganya

Ketika jejakrekam.com, mengontak Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Budi Wijaya via pesan WA, Selasa (11/12/2018), terungkap acara yang digagas UCLG Asia Pasific merupakan ajang untuk tukar informasi dan pengalaman seluruh kota di negara Asia Pasific dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan.

“Dalam pertemuan internasional ini, Walikota Banjarmasin mempresentasikan kebijakan pelarangan pemakaian kantong plastik di toko dan retali modern. Ternyata, kebijakan ini diapresiasi delegasi negara lain,” kata Budi Wijaya.

Apresiasi yang diberikan delegasi negara lain karena Pemkot Banjarmasin dinilai berhasil menerapkan pengurangan volume sampah plastik, melalui pelarangan kresek di retail modern.

“Tentu DPRD Banjarmasin yang menjadi bagian dari pemerintahan daerah, bersama stakeholders lainya harus ikut andil dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Ini demi anak cucu kita,” kata legislator PKB ini.

BACA JUGA :  Di Australia, Walikota Ibnu Sina Tawarkan Wisata Sungai

Mantan Ketua DPC PKB Banjarmasin ini menjelaskan upaya pembangunan berkelanjutan dengan ditopang kebijakan anggaran di DPRD, tentu program pembangunan bisa pro sustainable development goals (SDGs), dan tercapai poin-poin yang telah ditetapkan SDGs.

Apakah keberangkatan pimpinan DPRD Banjarmasin mendampingi Walikota Ibnu Sina dan rombongan sudah dialokasikan dalam APBD Banjarmasin 2018? Budi Wijaya enggan menjawabnya. Padahal, di Gedung DPRD Banjarmasin mulai berkembang rumor miring soal ikut sertanya pimpinan dewan mendampingi Walikota Ibnu Sina bersama pejabat ke negeri Tiongkok.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Fahriza