Adu Kemampuan Bagasing, Masyarakat Lasung Batu Pertahankan Permainan Tradisi

0

PERMAINAN tradisional boleh dikata semakin hari kian miskin peminat. Namun, masyarakat Desa Lasung Batu, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan memilih tetap bertahan dengan mainan rakyat seperti bagasing dan bakalayangan agar tak kehilangan pamor.

MOMENTUM melestarikan permainan tradisional dikemas dalam agenda Lasung Batu Festival yang dilaksanakan, Sabtu (8/12/2018) di desa setempat. Ajang ini digarap oleh para pemuda desa yang tergabung dalam Karang Taruna Lasung Batu.

BACA: Olahraga Tradisional Berbiaya Murah Tapi Bukan Murahan

Selain adu kemampuan bagasing dan bermain layang-layang, penampilan seni bela diri kuntau dan musik panting juga disuguhkan kepada pengunjung Lasung Batu Festival.

Ketua Panitia Pelaksana Lasung Batu Festival, Marhat menyampaikan jika ajang ini merupakan bagian dari upaya masyarakat agar Lasung Batu bisa menjadi desa wisata. Sebelum festival digelar, Marhat CS juga telah membuat ikon desa di tengah areal persawahan.

“Kami bercita-cita kedepan melakukan pengembangan potensi yang ada, salah satunya menjadikan Lasung Batu jadi desa wisata. Untuk itu, kami membutuhkan dukungan semua pihak terlebih pemerintah daerah serta pihak swasta lainnya,” harapnya.

BACA: Mengangkat Kembali Semangat Sportivitas Balogo yang Mulai Dilupakan

Bupati Balangan, Ansharuddin yang datang ke ajang ini juga ikut beradu memainkan gasing. Menurutnya, festival yang digelar bukan sekadar hiburan bagi masyarakat, tetapi, ini merupakan sarana untuk melestarikan budaya daerah, khususnya kesenian dan permainan tradisional.

“Kita pemerintah daerah selalu akan mendukung kegiatan positif seperti ini, terlebih berkaitan dengan pelestarian kebudayaan daerah. Kita juga berharap tradisi main layang-layang ini, bisa menjadi bagian dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Balangan sehingga kelestariannya makin bisa terwujud,” ujar Ansharuddin. (jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.