Peduli Hak Asasi Manusia, 12 Daerah di Kalsel Raih Penghargaan

0

MENJELANG peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh 10 Desember mendatang, kabar baik datang dari pemerintah pusat. 12 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan mendapatkan penghargaan peduli HAM, sementara satu daerah mendapatkan penghargaan cukup peduli HAM. Penyerahan apresiasi akan langsung diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, Senin (10/12/2018) mendatang.

KEPALA Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Rosita Aperawati menyebut penghargaan juga atas diberikan untuk dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham Kalsel, yakni, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura.

BACA: Inilah Kabupaten dan Kota di Kalsel yang Peduli HAM

“Ini merupakan sebuah prestasi tersendiri. Hanya Provinsi Kalsel yang seluruh kabupaten/kota meraih penghargaan peduli dan cukup peduli HAM dibanding provinsi lainnya di Pulau Kalimantan,” kata Rosita saat ditemui jejakrekam.com, Kamis (6/2) di ruang kerjanya.

Lantas, apa indikator penghargaan peduli HAM sampai bisa diserahkan kepada semua kabupaten/kota di Kalsel? Mengacu informasi dari Kemenkumham RI, Tujuh kelompok hak harus terpenuhi. Hal ini meliputi hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Dari 13 Daerah, Banjarbaru dan HSU Cukup Peduli HAM

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Kalsel, Subianta Mandala menyampaikan capaian tahun ini boleh dibilang lebih baik ketimbang tahun 2017.

“Pada tahun lalu hanya 11 Kabupaten/Kota memperoleh penghargaan peduli HAM sekarang ada peningkatan menjadi 12 Kabupaten/Kota yang peduli HAM dan 1 kabupaten memperoleh penghargaan cukup peduli HAM. Diharapkan tahun berikutnya bisa semua Kabupaten/Kota di Kalsel mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM.” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.