Dilatih Empat Hari, KBI-LK3 Siap Cetak Juru Bicara Pancasila

0

HASIL survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan selama 13 tahun terakhir, dukungan terhadap Pancasila terus mengalami penurunan. Dukungan publik terhadap keberadaan ideologi Pancasila sebagai perekat bangsa yang majemuk, justru berhadapan dengan menguatnya radikalisme dan intoleransi.

FAKTA ini mendorong Komunitas Bela Indonesia (KBI) menggandeng Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin ingin menguatkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat.

Banjarmasin, Kalimantan Selatan termasuk dalam 25 provinsi yang menghelat pelatihan juru bicara Pancasila. Tujuannya, untuk menyiapkan dan membekali para peserta sebagai juru dakwah atau kampanye dengan berbagai keahlian teknik. Mereka nantinya akan diterjunkan untuk melakukan kampanye menggunakan media sosial sebagai media kampanye kebhinnekaan, toleransi, dan antiterorisme.

BACA : Peran Pemuda dalam Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Benteng Tantangan Zaman

Direktur LK3 Banjarmasin, Rafiqah mengungkapkan pelatihan juru bicara Pancasila akan digelar pada 7-10 Desember di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

“Dari sekian pendaftar yang masuk secara online, dan melewati seleksi, terpilih 40 orang peserta yang akan mengikuti pelatihan ini selama empat hari,” ucap Rafiqah kepada jejakrekam.com, Jumat (7/12/2018).

BACA JUGA : Pancasila, Remittance dan Mudik Lebaran

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, KBI bisa melahirkan 1.000 juru bicara Pancasila dan terbentuk jaringan di 25 provinsi.

“Mereka bisa memahami  dan siap bersuara untuk isu konstitusionalisme, pro keberagaman, dan anti terorisme, lewat video pendek, vlog, meme, dan konten kreatif lainnya. Sebab, media sosial ini bisa digunakan sebagai media kampanye,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.