Usia Kota Semakin Tua, Pemkot Banjarmasin Bakal Tetapkan Lima Kampung Banjar

SADAR dengan usia kota yang semakin sepuh, pemerintah kota mulai berupaya membentengi perkampungan tua di Kota Banjarmasin dari serangan modernitas. Setidaknya, sampai saat ini pemkot sudah menghimpun lima buah kampung yang akan disahkan Walikota Ibnu Sina menjadi Kampung Banjar.

DARI data yang dikantongi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, lima buah kampung yang bakal ditetapkan menjadi Kampung Banjar itu, antara lain, Sungai Bilu, Sungai Jingah, Kelayan, Kuin, dan Surgi Mufti.

BACA: Ada Saingan, Nasib Kawasan Wisata Pasar Terapung Kuin Kian Menyepi

“Sudah dibentuk naskah akademik, sudah ada rancangan peraturan walikota (raperwali) namun belum final. Tahun 2019 mendatang, insya Allah semoga bisa ditandatangani dalam bentuk Peraturan Walikota (perwali). Kami bekerja sama dengan Kemenkumham Kalsel,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disbudpar, Mokhammad Khuzaimi kepada jejakrekam.com, Kamis (6/12/2018).

Lima buah kampung ini dipilih melewati beragam pertimbangan. Diantaranya lantaran memiliki destinasi wisata unggulan seperti cagar budaya, tradisi, kesenian, dan sejarah lokal.

“Misalnya saja, di Sungai Jingah ada rumah-rumah berarsitektur Banjar. Ini bisa menjadi model kampung heritage di Kota Banjarmasin” kata dia.

BACA JUGA: Ingin Pariwisata Sehebat Amsterdam, Banjarmasin Harus Perkuat Visi Kota

Dengan dicetuskannya Perwali Kampung Banjar, Khuzaimi meminta masyarakat bisa mampu mempertahankan nuansa Banjar yang ada di kampung mereka masing-masing.

Secara konkret pengelola utama kampung yang telah ditetapkan bakal diserahkan sepenuhnya kepada kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan karang taruna masing-masing wilayah.

“Tahun depan, direncanakan, pemkot akan mendukung Kampung Banjar dengan adanya bus pariwasata sebanyak dua unit. Nantinya, selain akses sungai, pengunjung juga bisa mendatangi destinasi wisata lewat darat,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Donny Muslim
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...