Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan

KOLABORASI pembangunan antara perguruan tinggi dan pemerintahan daerah merupakan suatu keharusan. Contohnya, hasil riset atau penelitian bisa dimanfaatkan dan bermanfaat untuk publik atau lembaga tertentu sebagai bagian dari inovasi dan kemajuan.

WAKIL Rektor I Uniska Dr H Jarkawi mengungkapkan kolaborasi antara Uniska dan pemerintah daerah sudah terjalin sejak lama. “Sebut saja balai diklat dan Balitbangda, profesional dari Uniska turut terlibat,” kata Jarkawi, Kamis (6/12/2018).

BACA : Go Internasional, Gandeng Malaysia-Singapura, Uniska Gelar Konferensi Sains

Diungkapkannya, pemerintah daerah bersama Uniska juga berkolaborasi dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Di bidang pengabdian masyarakat, Uniska membangun dan membina desa, dan di bidang penelitian Fakultas Pertanian Uniska meneliti benih pangan bersama dengan dinas pertanian,” papar Jarkawi.

Selain itu, lanjutnya, kolaborasi juga tercermin di akademisi Uniska dan pemerintah daerah bersama-sama menggodok masterplan pembangunan di beberapa pemerintah kabupaten di Kalsel.

“Kami juga ambil peran di bidang pembangunan sumber daya manusia upaya untuk membantu meningkatkan daya saing banua,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...