Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Bakal Gelar Lokakarya Penulisan  

2019 mendatang, sejumlah agenda menarik sudah disiapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel yang akan mengadakan lokakarya penulisan cerita pendek. Penulis yang diundang yakni Faisal Oddang berasal  dari Makassar.

PENULIS yang telah malang melintang di berbagai even sastra ini sudah banyak  mendapatkan penghargaan bergengsi, diantaranya,  anugerah penulis cerpen terbaik Kompas 2014, Pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2014, serta Tokoh Seni Tempo 2015 hingga penghargaan Asean Young Writers Award 2014 dari Pemerintah Thailand.

Lokakarya penulisan cerpen yang digelar pada minggu pertama Januari 2019 ini  menyasar peserta dari kampus, sekolah beserta pengajar atau masyarakat umum di Kalsel.

BACA : Perpustakaan Keliling Sambangi Pelajar di Kawasan Pesisir Kalsel

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan lokakarya penulisian ini akan dibagi menjadi dua tahap, dimana tahap pertama peserta akan diberi materi teknis untuk menulis.

“Tahap kedua karena ini konsepnya lokakarya maka peserta akan menulis langsung di tempat acara, hasil karya peserta akan diseleksi kemudian diedit sehingga layak untuk diterbitkan,” papar Bunda Nunung sapaan akrabnya.

Sementara Faisal Oddang merasa terhormat bisa berbagi pengetahuan dengan penulis Banua tentang menulis cerita pendek. “Kita sama-sama belajar tidak ada yang lebih pandai dalam hal tulis menulis,” ucap Faisal merendah kepada jejakrekam.com melalui pesan pendek.

Penulis muda kelahiran Wajo, Sulsel 24 tahun silam ini menekankan pentingnya bagi penulis untuk berbagi pengalaman sesama penulis untuk menambah kepekaan untuk mempertajam kualitas tulisan.

“Yang terpenting bagi penulis adalah membaca karena mustahil seseorang bisa menulis dengan membaik jika kurang minat terhadap bacaan buku,” ucap Faisal yang baru saja menjadi peserta Iowa International Writing Program 2018.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...