Target Adipura Kencana, Walikota Ibnu Sina Diminta Presentasi di Kemen LHK

0

WALIKOTA Banjarmasin Ibnu Sina diundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk mempresentasikan program Adipura periode 2017-2018 di Hotel Rizt Carlton Mega Kuningan Jakarta, Selasa (4/12/2018) besok, pukul 13.30-15.30 WIB.

BANJARMASIN termasuk kota yang masuk nominasi penerima Anugerah Adipura Kencana. Selanjutnya, Walikota Ibnu Sina akan menjalani wawancara dengan Dewan Pertimbangan Adipura Kencana.

Undangan resmi dikirim Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kemen LHK Rosa Vivien Ratnawati bernomor UN 106/PSLB3/PLB.0/11/2018, tertanggal 29 November 2018.

Adanya undangan ini dibenarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLH) Banjarmasin Mukhyar. Ia menyebut Walikota Ibnu Sina akan mempresentasikan program Adipura yang telah dicapai di hadapan Kementerian LHK dan Dewan Pertimbangan Adipura Kencana.

BACA : Optimistis Raih Adipura Kencana, Poin Tahap I Banjarmasin 73

“Jadi rencananya, besok (Selasa) walikota berangkat. Jam 13.30 WIB. Dia akan melakukan presentasi di sana dalam waktu 40 menit. Kemudian, pemaparannya sebanyak 60 menit. Sekaligus berdiskusi. Diperkirakan sekitar 120 menit sudah selesai,” ucap Mukhyar kepada wartawan di Balai Kota Banjarmasin, Senin (3/12/2018).

Menurut Mukhyar, dalam penilaian Adipura Kencana ini bukan hanya dinilai dari kebersihan, melainkan, partisipasi masyarakat dan peningkatan ekonomi dengan program kebersihan.  “Ya, tentunya ada terobosan baru dalam rangka pengelolaan kebersihan,” katanya.

Dia menjelaskan, saat ini Banjarmasin sudah memiliki terobosan dengan adanya pengurangan kantong plastik, pengukuran udara untuk disampaikan Walikota Ibnu Sina nantinya di Jakarta.

Mukhyar menegaskan, pada prinsipnya Adipura 2019 Banjarmasin mendapat nominasi Adipura Kencana. Ini berarti, Banjarmasin sudah empat kali menyabet penghargaan Adipura. Sebelumnya, di era Walikota Muhidin telah meraih satu penghargaan Adipura Kirana, dilanjutkan di masa Pjs Walikota HM Thamrin serta sekarang  di era Walikota Ibnu Sina.  “Ya, targetnya memang Adipura Kencana,” ucapnya.

BACA JUGA : Wawali Banjarmasin Bangga Tiga Kali Raih Adipura

Mukhyar berharap, dukungan dari seluruh SKPD maupun awak media bisa memacu Pemkot Banjarmasin untuk dapat meraih Adipura. Ini mengingat, Adipura kencana ini dianggapnya sangat luar biasa.

“Jujur ini berat, karena sebelumnya presentasi walikota di hadapan empat dewan juri.  Namun di undangan, kita diminta untuk memotokopi bahan hingga 20 buah. Menurut kemungkinan, ada pakar-pakar lain yang akan menilai,” katanya.

Meski berat, Mukhyar hakkul yakin dengan kemampuan Walikota Ibnu Sina, apalagi didukung keadaan kota yang memungkinkan Banjarmasin untuk mendapatkan Adipura Kencana. “Makanya, kita jalani saja, kita percaya kemampuan walikota,” ucapnya.

Bagi dia, saat ini bukan hanya kebersihan dan sebagainya, tetapi ada juga dokumen yang harus kita siapkan, seperti kebijakan strategi daerah (jakstrada).

Sementara itu, Walikota Ibnu Sina mengaku kaget dengan masuknya Banjarmasin sebagai nominasi piala Adipura Kencana melalui undangan Kementerian LHK yang dikirim melalui email.

“Undangannya kemarin baru kita terima. Jujur saya kaget. Ini mengingat, acaranya besok dilaksanakan. Makanya DLH dan SKPD terkait kejar target untuk melengkapi berkas-berkas dan bahan presentasi,” katanya.

BACA LAGI : Esensi Adipura adalah Jaga Lingkungan Berkelanjutan

Menurut Ibnu Sina, Banjarmasin mendapat  nominasi untuk dapat meraih Adipura Kencana. Ini mengingat, sudah tiga kali Kota Seribu Sungai ini mendapat Adipura Kirana. Ibnu pun mengaku optimis bisa mendapatkan Adipura Kencana dengan diberikan kesempatannya oleh KLHK, bahwa Banjarmasin dinominasikan.

“Sebenarnya antara optimis dan pesimis. Tapi mudah-mudahan Banjarmasin bisa,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.