Mengembalikan Masa Kejayaan Batu Permata Kalsel

0

BEBERAPA tahun lalu, batu permata sempat booming. Tapi akhir-akhir ini, mengalami kelesuan, baik di pengrajinnya maupun dipenjualannya.

TERKAIT hal itu, beber Kadis Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli, digelar Festival Batu Permata (go) Internasional di Duta Mall Banjarmasin, yang pembukaannya dilaksanakan Jumat (30/11/2018).

“Untuk mengembalikan masa kejayaan batu permata, saat ini kami menggelar festival yang diikuti 62 peserta,” ujarnya.

BACA : Pasar Malabar Makin Menepi, Pengrajin Batu Permata Tinggal Hitungan Jari

Pihaknya ingin membangkitkan semangat dan gairah pengrajin maupun penjual batu permata. Sebab, saat ini agak lesu, terutama omset penjualan dan juga pengolahannya di kalangan pengrajin.

“Saat ini, batu permata mentah dibawa ke provinsi lain, dan diolah disana, selanjutnya dijual kembali ke tempat kita. Ini merupakan PR bagi kita, bagaimana pengrajin batu permata di tempat kita bisa bersaing dengan mereka,” ujarnya.

Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Gusti Burhanuddin mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, festival batu permata go internasional sangat strategis guna membangun dan menumbuhkan industri kreatif. Pemprov Kalsel secara konsisten terus memberikan ruang dan mendorong hasil karya dari pengrajin permata di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.