Waspadai Bencana Alam, BPBD Kabupaten Banjar Gelar Rakor Mitigasi

0

MEMASUKI musim penghujan potensi terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan lainnya tentu harus menjadi atensi bagi semua pihak. Tak terkecuali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Rakor Mitigasi Bencana.  Dalam kegiatan ini turut melibatkan berbagai pihak seperti  TNI, Polri, Taruna Siaga Bencana, BMKG dan lainnya.

KEPALA BPBD Kabupaten Banjar, M Irwan Kumar mengatakan  Rakor Mitigasi Bencana  merupakan kerjasama lintas instansi dalam menghadapi bencana. Hal ini sangat penting dilakukan, sebab jika bencana terjadi, semuanya dapat bergerak melakukan bantuan.

BACA : Prajurit TNI Disiagakan Hadapi Kemungkinan Banjir di Musim Penghujan

“Tidak ada yang ingin bencana terjadi. Namun, kita harus selalu siap, jika bencana datang, misalnya memberikan bantuan dan meminimalisir terjadinya korban,” jelasnya.

Menurut dia, adapun potensi bencana yang mungkin saja terjadi di Kabupaten Banjar  seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor. Makanya diperlukan kesiapan logistik bantuan untuk para korban bencana, termasuk sarana dan prasarana yang dimiliki.

“Kita tidak mengetahui kapan bencana terjadi, tetapi kita harus selalu siap membantu masyarakat yang terdampak dari bencana. Kesiapan logistik seperti makanan siapa saji, tenda dan juga dapur umum,” pungkas Irwan Kumar.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.