Tantangan Pola Asuh Anak Semakin Berat, Nestlé Lactogrow Gelar Workshop Grow Happy

0

MENGHADAPI era yang semakin modern dan dinamis, tanggung jawab orang tua dalam mengasuh anak tak boleh dipandang perkara menjadi remeh. Salah-salah, pembentukan karakter buah hati bisa terhambat dan mengancam masa depannya.

TANTANGAN mengasuh anak yang semakin ruwet ini coba dijawab oleh Nestlé Lactogrow dengan menggelar workshop bertema Grow Happy Parenting, di Kordinat Kafe Duta Mall Banjarmasin, Rabu (28/11/2018). Lokakarya ini diisi oleh Psikolog, Elizabeth Santosa dan dokter spesialis anak, dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K).

Dalam pemaparan Elizabeth, orang tua era sekarang mestinya tak boleh jauh-jauh dari buah hati. Laporan studi Child Happiness yang diumumkan Nestlé LACTOGROW pada Juli Ialu di Jakarta menemukan bahwa anak merasa bahagia saat bermain bersama orang tua. Bahkan lebih bahagia dari ketika mereka bermain bersama saudaranya.

Namun, sayangnya pada kenyataan ditemukan lebih dari 50 persen orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama si kecil. Padahal, ini merupakan kunci penting dalam proses perkembangan anak.

Menurut Elizabeth, pada umumnya para orang tua sudah mengerti teori pentingnya mendukung anak tumbuh bahagia, seperti menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana mewujudkan kondisi tumbuh bahagia (Grow Happy).

BACA: Siapkan Generasi Cerdas dan Berkarakter Al Izzah Gelar Seminar Parenting

“Banyak orang tua yang masih belum bisa memaksimalkan keterlibatan mereka bersama anak meskipun telah susah payah menyisihkan waktu. Tantangan hidup modern seperti tingkat stres yang lebih tinggi atau interaksi yang intens dengan handphone misalnya, membuat keterlibatan emosional menjadi tantangan baru bagi orang tua,” katanya.

Elizabeth juga memberikan tips agar lebih terlibat dalam kegiatan anak, yaitu bukan berfokus pada jenis aktivitas, namun waktu kebersamaan. Tidak ada distraksi pada saat melakukan aktivitas bersama anak.

Lantas, apa kiat-kiat yang dapat membantu orang tua untuk membesarkan anak agar tumbuh bahagia? Beberapa diantaranya, memberikan makanan tepat waktu dan bergizi, mendukung kompetensi anak, beri anak waktu tidur yang cukup, memberikan cinta tanpa syarat kepada anak, dan paling penting menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagiaannya buah hati.

Sementara, dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan, dalam pola grow happy, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mengerti nutrisi seimbang. Termasuk susu dengan kandungan gizi untuk melengkapi asupan nutrisi bagi buah hati mereka.

Dewi menambahkan, anak yang mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat dan dapat menyerap nutrisi dengan baik sehingga anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik yang dapat menunjangnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, kita harus menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yaitu diantaranya dengan: o Konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencemaan. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur.”tandas Dewi.

Terpisah, Brand Executive Nestlé LACTOGROW Pramudita Sarastri menambahkan, agar buah hati tumbuh bahagia, dibutuhkan keselarasan antara nutrisi, stimulasi, dan keterlibatan orang tua dalam membangun dan memupuk kondisi grow happy.

Dengan peran orang tua yang semakin menantang saat ini, dirinya menyebut Nestlé berupaya untuk membantu orang tua dengan menggelar workshop “Grow Happy Parenting.”

“Pada kesempatan ini kami juga memperkenalkan tampilan baru Lactogrow yang telah diperkaya dengan DHA, kalsium, minyak ikan, dan Lactobacillus reuteri yang bermanfaat untuk tumbuh kembang.” ujarnya.

Melalui kampanye Grow Happy, Pramudita berharap langkah ini bisa membantu orang tua untuk bisa menerapkan kemampuan untuk membangun kebahagiaan dirinya sendiri agar bisa membagikan kebahagiaannya pada anak dan keluarga serta menyediakan nutrisi yang optimal bagi anak-anak untuk tumbuh bahagia.(jejakrekam)

Penulis Afdi NR
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.