Dirgahayu

Peserta Lulus SKD Terpaksa Bersaing dengan Peserta Tak Lulus

SEBANYAK 32 instansi sudah mengumumkan peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dijadwalkan mulai Selasa (4/12/2018) mendatang. Sedangkan, beberapa instansi lainnya masih dalam tahap verifikasi data oleh panitia seleksi nasional (panselnas).

DARI seluruh instansi yang mengumumkan kelulusan tersebut belum ada pemerintah daerah. Semua yang mengumumkan baru di tingkat kementerian atau pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Selatan, Perkasa Alam menerangkan hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil verifikasi kelulusan CPNS Pemprov Kalsel dari panselnas. “Kita tunggu saja hasil verifikasi tersebut,” kata Perkasa kepada jejakrekam.com di Banjarbaru, Rabu (28/11/2018).

BACA : Terapkan Sistem Rangking, Senin Ini Pengumuman CPNS Kalsel

Ia menyebut dari hasil verifikasi sementara, ada formasi yang kosong alias belum ada pelamar. Perkasa tak mengetahui secara pasti kenapa formasi tersebut kosong. “Untuk mengisinya kemungkinan diambil pelamar di instansi lain yang memenuhi kesesuaian kualifikasi pendidikan,” bebernya.

Perkasa menambahkan, memang ada protes yang disampaikan oleh peserta SKD yang memenuhi passing grade atau ambang batas. Sebab, mereka yang memenuhi passing grade mengira setelah lulus otomatis dipilih menjadi PNS.

BACA JUGA : Ada 387 Formasi CPNS Diperebutkan, Tes Inteligensi Paling Berat

Padahal, menurut Perkasa, SKD hanya satu dari beberapa tahapan. “Mereka terkejut bahwa akan bersaing dengan peserta yang tak memenuhi passing grade. Padahal kan di SKB itu harus tiga kali dari jumlah formasi,” ucapnya.

Peserta yang memenuhi passing grade dan yang lulus dirangking akan bersaing untuk mendapatkan nilai tinggi di SKB. “Peluangnya sama, karena penentuan kelulusan dari SKB ini. Mau tidak mau peserta yang memenuhi grade dan rangking harus bersaing untuk meraih naik tinggi,” papar Perkasa.(jejakrekam)

 

Penulis Sayyidil Ahmada
Editor Didi GS