Dirgahayu

Pemkab HSU Luncurkan Gerakan HSU Barasih

PEMKAB Hulu Sungai Utara (HSU) meluncurkan gerakan HSU Barasih dengan tema Menuju HSU Bebas Sampah 2025, yang dipusatkan di Lapangan Pahlawan Amuntai, Sabtu (24/11/2018).

BUPATI Hulu Sungai Utara Abdul Wahid HK menyambut baik dan mengucapkan terima kasih, serta apresiasi atas diluncurkannya gerakan HSU barasih.

“Kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis guna memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya mewujudkan HSU yang bersih, hijau, dan sehat,” kata Wahid.

Ia berharap ada perubahan pola hidup sehingga memiliki tanggungjawab yang tinggi untuk mewujudkan banua yang bersih, dimulai dengan penanganan dan pengelolalan sampah.

Wahid mengatakan, kegiatan ini dapat menyamakan persepsi dan memdorong komitmen bersama dalam pengelolaan lingkungan di wilayah HSU agar bertambah bersih dan hijau, dalam rangka HSU Barasih 2025.

BACA : 24 Desa di 10 Kecamatan di HSU Gelar Pilkades Serentak

Dia menambahkan, HSU Barasih 2025 merupakan manifestasi dari UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Perpres Nomor 17 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga, serta kebijakan dan strategi daerah.

“Kami telah menginstruksikan kepada kepala instansi vertikal, kepala SKPD, camat, lurah, dan kepala desa untuk membentuk bank sampah di kantor atau di wilayah masing-masing,” katanya.

BACA JUGA : 516 PNS Pemkab HSU Naik Pangkat

Hal itu, lanjut Wahid, supaya sampah sebelum di buang ke TPS atau TPA harus sudah dilakukan pemilahan, sehingga sampah yang dibuang ke TPA adalah sampah yang benar-benar tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup Rusnaidy mengatakan, dalam pengelolaan sampah di HSU tidak hanya jadi kewajiban pemerintah daerah tapi peran semua masyarakat dalam pengelolaan masyarakat. “Kita ingin di kecamatan, kelurahan, desa melakukan hal yang sama,” ujar Rusnaidy.(jejakrekam)

Penulis Muha
Editor Andi Oktaviani