Sudah Inkracht, Barbuk Kejahatan Dimusnahkan Kejari Banjarbaru

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Banjarbaru memusnahkan barang bukti sejumlah kejahatan di wilayah hukum Banjarbaru. Barang bukti (barbuk) yang dimusnahkan telah melalui proses sidang dan  berkekuatan hukum tetap (inkracht).

KEPALA Kejari Banjarbaru Selvia Desty Rosalina, langsung memimpin kegiatan pemusnahan sejumlah barang bukti hasil pelanggaran hukum atau kejahatan di halaman depan Balai Kota Banjarbaru, Jumat (23/11/2018).

Barang bukti yang dimusnahkan, di antaranya sabu, ineks, carnophen zenith. Kemudian, handphone, senjata api, senjata tajam, uang palsu dan ribuan botol minuman keras.

BACA : 315 Gram Sabu Bukti Kejahatan Enam Tersangka Dimusnahkan

Kajari Banjarbaru Silvia Desty Rosalina mengatakan, pihaknya sebelumnya pada tahap pertama melakukan pemusnahan barang bukti di halaman kantor Kejari Banjarbaru. Namun kali ini, Silvia mengatakan lagi sengaja dilakukan di tempat umum, yakni di Lapangan Murjani, Banjarbaru.

“Ini kami lakukan sebagai perwujudan bahwa kita komitmen dan sinergitas yang erat untuk menjaga dan mengawal penegakan hukum,” jelasnya.

BACA JUGA : Sabu 1 Kilogram Lebih Perempuan Asal Aceh dan Medan Dimusnahkan

Kajari Banjarbaru ini juga menyampaikan bahwa sejak Februari 2018 telah menangani sekitar 200 kasus dan 100 persen berhasil dibuktikan di pengadilan.

“Ini sebagai salah satu bukti, kita bekerja dan bersinergi dengan baik. Untuk itu kita memberikan apresiasi kepada semua penyidik, seperti dari Polri, BNN, Imigrasi, Bea dan Cukai, serta penyidik dari Satpol PP Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Pada pemusnahan barang bukti ini hadir juga Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya, dan undangan lainnya. Ada beberapa cara pemusnahan barang bukti seperti sabu diblender, sedangkan carnophen dan ineks dibakar, dan minuman keras langsung diratakan dengan mobil stom.

Berikut daftar barang bukti yang dimusnahkan Kejaksaan Negeri Banjarbaru.

Sabu: Berat bersih 35,455 Gram

Carnophen Zenith  7.775 butir

Ineks 64 Butir

Handphone 125 Unit

Senjata Tajam 19 bilah

Senjata Api  2 unit dan 17 butir peluru

Uang Palsu Rp 750 ribu

Minuman Keras 1.763 botol

Tuak 440 liter (jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...