Peransaka Usung Persaudaraan Antar Satuan Karya Pramuka

PERANSAKA adalah kegiatan bagi Pramuka penegak dan pandega, yang merupakan gabungan dari kegiatan 11 Satuan Karya Pramuka, seperti Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti, dan Saka Wira Kartika.

PERANSAKA Tingkat Daerah Kalsel 2018 digelar 21-23 November, di Buper Bina Banua Sungai Ulin, Banjarbaru. Peransaka Daerah Kalsel 2018 diikuti 13 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, dengan jumlah peserta sebanyak 208 orang.

Kegiatan ini mengarah pada peningkatan kemampuan untuk mandiri, berdaya saing dan berkarakter dalam kehidupan dan dapat menjadi inspirasi di kalangan anak muda. Peransaka ditutup oleh Wakil Ketua Kwarda Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Kapten Laut (P) Bambang Haryanto, Jumat (23/11/2018).

“Kegiatan ini sebagai tempat bertemunya anggota Pramuka penegak dan pandega yang berada dalam satuan karya Pramuka. Kita dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menambah wawasan dan mempererat persaudaraan sesama anggota Pramuka,” ungkapnya.

BACA : Ketua Kwarda Kalsel Buka Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka

Peransaka Daerah Kalsel tahun 2018 dititik beratkan pada tiga pokok kegiatan, yakni pengenalan saka, pendalaman krida, dan kegiatan bakti yang dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan dengan berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif.

“Saya merasa bangga, peserta Peransaka yang mengikuti kegiatan ini adalah anggota Pramuka yang siap untuk menjadi inspirasi di kwartir cabangnya nanti. Dan saya harap satuan karya Pramuka di Kalsel dapat terus berkembang lebih baik sehingga dapat menjadi wadah pembinaan yang sesuai dengan amanat Gerakan Pramuka,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Andi Oktaviani