Ketua Kwarda Kalsel Buka Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka

0

KETUA  Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka, Hj Raudhatul Jannah membuka kegiatan Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka Daerah Kalsel tahun 2018, di SPN Banjarbaru, Kamis (22/11/2018).

DALAM sambutannya, istri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ini mengatakan pada tiga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pesta kegiatan anggota pramuka Kalsel yang positif, dan mengajak pramuka untuk bisa bangkit dan bergotong royong.

“Saya harap kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga akan mampu mengangkat eksistensi Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, sekaligus kiprahnya semakin dirasakan oleh masyarakat,” ucap Raudhatul Jannah.

BACA : Ke Sebatik, Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel Siap Sukseskan Kemah Bela Negara Nasional

Kegiatan Karang Pamitran adalah upaya peningkatan mutu pembina pramuka melalui kegiatan, saling bertukar pengalaman dalam membina gugus depan.

“Melalui Karang Pamitran tingkat daerah, yang menjadi tempat bertemunya para pelatih pembina pramuka dan para pembina pramuka se Kalimantan Selatan, dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menambah wawasan dn mempererat persaudaraan serta persatuan, sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan kepramukaan di gugus depan dan satuannya,” bebernya.

BACA JUGA : Santri Pramuka Ponpes Darul Hijrah Wakili Kalsel di PPSN Tingkat Nasional

Kegitan perkemahan yang diikuti oleh anggota penegak dan pandega yaitu Peransaka dan Kemah Bakti Pramuka, adalah kegiatan yang mengarah pada peningkatan kemampuan untuk mandiri, berdaya saing dan berkarakter dalam kehidupan. Juga dapat menjadi inspirasi di kalangan anak muda.

Peransaka adalah kegiatan yang merupakan gabungan 11 Satuan Karya Pramuka (Saka) diikuti oleh pramuka penegak pandega yang berasal dari 13 Kwartir Cabang. “Peransaka Daerah Kalimantan Selatan tahun 2018 dititikberatkan pada 3 pokok kegiatan, yakni pengenalan saka, pendalaman krida dan kegiatan bakti yang dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan dengan berbagai aktivitas,” ucap Ketua Kwarda Pramuka Kalsel ini.

BACA LAGI : Gerakan Pramuka Pintu Gerbang Halau Pengaruh Buruk Modernisasi

Sama halnya dengan Peransaka, Kemah Bakti Pramuka yang diikuti oleh anggota penegak dan pandega Kalsel, disesuaikan dengan usianya untuk dapat menjadi garda paling depan sebagai penanggulangan bencana. Untuk itu ke depan, di harapkan Raudhatul Jannah, akan menjadi anggota pramuka yang siap dalam menghadapi dinamika sosial di masyarakat.

“Kegiatan yang diselenggarakan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan, yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan zaman,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.