Dibiayai Rp 13 Miliar, Tahun Depan Stadion 17 Mei Banjarmasin Direnovasi

0

TAHUN depan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan akan menggelontorkan dana sebesar Rp 13 miliar untuk merevonasi Stadion 17 Mei Banjarmasin. Kepastian proyek renovasi stadion yang menjadi markas kesebelasan Liga 1, PS Barito Putera, setelah anggaran yang diajukan Pemprov Kalsel disetujui DPRD dalam APBD tahun anggaran 2019.

ITEM anggaran renovasi total Stadion 17 Mei merupakan usulan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel. Bersama anggaran lainnya, usulan dana renovasi termaktub dalam APBD tahun 2019 yang telah disahkan dalam rapat paripurna DPRD Kalsel, Kamis (15/11/2018).

Kepala Dispora Provinsi Kalsel, Zakly Aswan mengungkapkan dengan disetujui alokasi anggaran renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin dalam APBD 2019, maka proses untuk mempermak wajah stadion utama di Jalan Jafri Zam-Zam akan berlangsung pada tahun depan.

Zakly Aswan menjelaskan total dana Rp 13 miliar itu terbagi dalam dua kegiatan. Yakni, anggaran Rp 10 miliar untuk pembangunan fisik stadion, sisanya Rp 3 miliar dialokasikan untuk pembelian genset dan peralatan elektrikal atau instalasi listrik.

Mantan Kepala Satpol PP dana Damkar Provinsi Kalsel ini memastikan proses lelang proyek renovasi total Stadion 17 Mei Banjarmasin akan dilaksanakan pada 2019 mendatang dengan sistem terbuka.

“Yang pasti, usulan dana renovasi sebesar Rp 13 miliar telah masuk dalam APBD 2019. Nanti, akan dilihat apakah mencukupi atau tidak, kalau seandainya tidak cukup maka akan kembali diusulkan tambahan dana di APBD Kalsel Perubahan 2019 mendatang,” tuturnya.

Zakly mengakui usulan renovasi total Stadion 17 Mei ini terbilang mendadak, karena KONI Kalsel yang selama ini mengelola fasilitas olahraga sepakbola baru saja menyerahkan ke Pemprov Kalsel.

“Ya, begitu KONI Kalsel sepakat menyerahkan aset, baru kita bisa anggarkan dana renovasi Stadion 17 Mei. Kalau ternyata, dana sebesar itu tak mencukupi, maka akan kembali kita anggarkan,” tuturnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berharap alokasi anggaran renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin dalam APBD 2019 bisa memenuhi harapan masyarakat, terutama pencinta sepakbola klub Barito Putera.

“Semoga masuknya biaya renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin dalam APBD 2019 bisa berguna untuk masyarakat dan dunia olahraga Kalimantan Selatan,” ujar Paman Birin, sapaan akrab gubernur singkat.

Untuk diketahui, Stadion 17 Mei sudah tiga kali mengalami revonasi, sejak dibuka pada 17 Mei 1974. Dimulai pada 2007, 2010 dan 2013. Pada 2008, kapasitas kursi penonton ditambah menjadi 12 ribu tempat duduk. Begitu pula, saat Banjarmasin menjadi tuan rumah POMNAS 2007, Stadion 17 Mei pun dipermak.

Usai renovasi ketiga, Stadion 17 Mei dinilai telah memenuhi standar Indonesia Super Leage (ISL) musim 2015, hingga akhirnya menjadi homebase PS Barito Putera, setelah sebelumnya menggunakan Stadion Demang Lehman Martapura.(jejakrekam)

 

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.