Agus-Anwari Jalani Fit and Proper Test Calon Dirut Bank Kalsel di OJK

0

KEPALA Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan, Hariyanto menyatakan dua kandidat Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel, masih menjalani tahapan fit and proper test di OJK Pusat. Dengan demikian, belum didapat satu nama yang akan menakhodai bank yang dulunya bernama Badan Pembangunan Daerah (BPD) Kalsel itu.

SAAT ini, dua kandidtas Dirut Bank Kalsel, yakni Gusti Agus Sabaruddin dan Anwari kini menjalani tahapan uji rekam jejak seputar profesionalitasnya oleh tim dari OJK. “Ya, dua calon ini masih jalani tes” ujar Hariyanto kepada jejakrekam.com, Rabu (13/11/2018).

Menurut dia, kedua calon yang berasal dari internal Bank Kalsel yang diajukan untuk megikuti fit and proper test ini, merupakan figur sama yang pernah diajukan dan turut mengikuti uji kelayakan tahap pertama pada enam bulan lalu.

Pada tahap kedua ini, Bank Kalsel sekitar tiga minggu lalu kembali mengajukan kedua figur tersebut untuk mengikuti tes dalam memperebutkan posisi direktur utama. “Sekitar tiga minggu lalu, mereka diusulkan kembali, dan sekarang sedang menjalani tahapan rekam jejak,” kata Hariyanto.

Untuk tahapan selanjutnya, diperkirakan akan dilaksanakan pada dua minggu akan datang. Sebab, kedua kandidat yang diajukan manajemen Bank Kalsel bersama pemilik saham Bank Kalsel dikabarkan akan menjalani  tes wawancara, dan tinggal menunggu pengumuman hasilnya.

Salah satu sekretaris pada Bank Kalsel Izhar saat dikonfirmasi terpisah, mengaku tak mengetahui secara persis proses uji kelayakan dan kepatutan yang dijalani dua calon petinggi bank plat merah milik Pemprov Kalsel bersama 13 kabupaten dan kota itu. Ia mengatakan  akan menanyakan lebih dulu kepada bidang sumber daya manusia (SDM). “Saya belum tahu persis. Nanti saya tanyakan dulu ke SDM,” kata Izhar.

Seperti diketahui, posisi Dirut Bank Kalsel sudah cukup lama lowong sepeninggal pejabat sebelumnya, M Irpan. RUPS Bank Kalsel, mengajukan dua calon yang berasal dari internal bank daerah ini, yakni Gusti Agus Sabarudin dan Anwari, yang kini menjabat Kepala Cabang Utama Bank Kalsel Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.