Pemkab Banjar Gelar Pelatihan Aparatur Desa

0

SEBANYAK 240 aparatur desa mengikuti pelatihan aparatur pemerintahan desa tentang manajemen pemerintahan desa. Pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar ini, digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Martapura, Selasa (13/11/2018). 

BUPATI Banjar H Khalilurrahman berharap aparatur untuk menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengajak semua yang berhadir di sini agar membangun komitmen bersama untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif,” ucapnya.

Ia juga berharap seluruh peserta pelatihan agar menggali ilmu dan saling tukar informasi dalam upaya peningkatan kemampuan aparatur pemerintah desa. Sebab, diharapkan setelah pelatihan ini, peserta memahami kebijakan pemerintah dalam tata kelola pemerintahan desa, misalnya kaidah-kaidah penyusunan peraturan desa, dan memahami prinsip pengawasan dana desa yang berintegritas dan profesional.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa di Kabupaten Banjar, sehingga terwujudnya  percepatan pembangunan yang selaras nawacita,” kata.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar H Aspihani mengatakan, peserta pelatihan pemerintahan desa tahun 2018 berjumlah 1.385 orang yang dibagi menjadi 5 angkatan, terdiri 5 orang per desa.

Diungkapkan Aspihani, pelatihan angkatan ketiga berasal dari desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Kertak Hanyar, Beruntung Baru, dan Karang Intan.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.