2019, Pemkab Barito Utara Bangun Rusun Tiga Lantai    

0

PEMERINTAH Daerah Kabupaten Barito Utara,  pada 2019 nanti rencananya  akan  membangun rumah susun yang terdiri atas tiga lantai dan empat puluh ruangan. 

KEPALA  Bidang Perumahan Rakyat,  Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Barut,  H  Hasan Basri, Selasa (13/11/2018) mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi pembangunan itu seperti pengadaan lahan agar clean and clear.

Sebab, kata Hasan Basri, alokasi anggaran berasal dari APBN melalui Kementerian Perumahan  yang diluncurkan ke daerah dalam mendukung program pemerintah daerah.

Dikatakannya, pembangunan rumah susun dari kementerian PUPR dengan tipe 36  untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Kemudian mengenai lelang untuk pembangunannya juga langsung oleh kementerian.

“Jadi program ini bagi masyarakat yang belum punya rumah. Untuk mendapatkannya maka dilakukan verifikasi sesuai data, “katanya.

Mengenai  pembayaran nantinya diserahkan pada pengelola dimana besaran pembayaran langsung berhubungan dengan rumah susun. Dalam pembangunannya ini juga dilengkapi dengan muebilernya disediakan langsung.

Sebelumnya, kata dia pada tahun ini,  telah dibangun rumah susun disamping rumah sakit, hal ini juga sebagai dukungan terhadap program pemerintah daerah.

Lebih lanjut dikatakannya,  pada tahun 2019 nantinya program stimulan rehabilitasi perumahan warga di wilayah Kecamatan tetap berlanjut. Bahkan, usulannya lebih besar dari tahun sebelumnya.

Anggaran juga berasal dari APBN,  yang mana untuk tahun ini melaksanakan bantuan stimulan perumahan swadaya dengan banyaknya 270 unit rumah dengan nilai Rp 15 Juta perunit.  “Dua program ini tahun depan yang kita pokusnya. Kita juga berharap dana pusat yang turun ke daerah tambah besar, “pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.