Jangkau Wilayah Pelosok, Layanan Samsat Sapujagat Solusinya

0

GUNA meningkatkan pendapatan di sektor pajak, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membuat terobosan baru dengan nama layanan Samsat Bergerak Sapu Jagad.

DILIHAT dari namanya cukup unik. Tapi mempunyai makna tersendiri. Kepala Bakeuda, Aminuddin Latif mengatakan, nama itu dipakai supaya seluruh wilayah dapat terlayani.

“Fungsinya menanggulangi. Nama tersebut sebagai pemberi semangat saja. Sapu jagad itu agar jangan sampai ada yang  tertinggal,”  ujarnya kepada wartawan  saat berada di DPRD, Senin (12/11/2018) petang.

Menurutnya,  letak kabupaten/kota di Kalsel cukup jauh. Sehingga mungkin saja ada daerah yang tidak terlayani oleh Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD). Karena itu, dibentuk layanan Samsat Bergerak Sapu Jagad sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik.

Layanan Samsat inilah nantinya yang mendatangi lokasi-lokasi yang letaknya cukup jauh dan tidak terjangkau layanan UPPD di kabupaten/kota. Sarana yang kita gunakan untuk menunjang aktifitas petugas adalah memafaatkan mobil yang ada. Jumlahnya sementara ini ada 4 unit mobil.

“Misi yang ingin kita wujudkan adalah kemudahan pelayanan publik,” kata dia.

Aminuddin menjelaskan pendapatan pajak daerah didapat dari berbagai unsur. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan bermotor (BBNKB) Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan (PAP), dan Pajak Rokok.

Sampai bulan Oktober, sebut Aminuddin, dari Rp 1,8 Tirilun yang ditargetkan, sudah hampir terpenuhi. Dengan waktu yang tersisa dua bulan ini, kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai sesuai target.

Sampai bulan Oktober, sebut Aminuddin, dari Rp1,8 Tirilun yang ditargetkan, sudah hampir terpenuhi. Dengan waktu yang tersisa dua bulan ini, kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai sesuai target. “Sampai bulan Oktober ini kita mencapai 75-80 persen dari target. Terobosan layanan Samsat Bergerak Sapu Jagad ini merupakan salah satu upaya untuk dapat mencapai target yang kita inginkan,” jelasnya.(jejakrekam)  

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.