Hirup Asap Genset, 10 Siswi SMPN 1 Gambut Keracunan

0

MENGHIRUP asap mesin genset, 10 siswi SMP Negeri 1 Gambut terpaksa harus dilarikan ke RSUD Ratu Zalecha, Martapura, Sabtu (10/11/2018) sekira pukul 04.28 Wita. Para siswa ini mengalami sesak nafas, pusing dan muntah hingga tak sadarkan diri.

PARA siswi yang menjadi korban ini tengah mengikuti kegiatan pramuka di  Bumi Perkemahan Lamdikada, Sei Ulin, Banjarbaru.

Mereka yang dilarikan ke rumah sakit adalah Eva Maka Suci (16 tahun), Heney (15 tahun), Nur Syifa Ramadani (15 tahun), Nur Rivdah Putri Amanda (15 tahun), Nur Adela Putri (14 tahun), Alya Syifa (14 tahun), Shinta Ammelia Hapsari (15 tahun), Ainuridha (14 tahun), Arbainah (14 tahun), dan Nur Alfalah Amanda Putri (15 tahun).

Begitu mendapat informasi adanya 10 siswi yang mengalami keracunan akibat menghirup asap dari mesin genset, tim medis gabungan dari PMI Kabupaten Banjar, PMI Banjarbaru, KSR PMI Unit Akper Intan Martapura serta Emergency Banjar Response bergerak ke lokasi.

Para petugas langsung melakukan penanganan terhadap para korban keracunan asap. Semua korban dilakukan pemeriksaan fisik, dan diberi pertolongan pertama dengan mengalirkan oksigen (O2) dibawa petugas. Selanjutnya, semua korban langsung dievakuasi  ke RSUD Ratu Zalecha Martapura untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut pada dinihari, menggunakan mobil ambulance.

Dikonfirmasi jejakrekam.com, Ketua PMI Kabupaten Banjar Sunarto mengakui pihaknya menerima laporan adanya sejumlah siswa keracunan akibat terhirup asap genset. Menurut Sunarto, PMI Banjar langsung bergerak menuju lokasi di perkemahan Sungai Ulin Banjarbaru.

“Walaupun itu berada wilayah Banjarbaru, namun untuk misi kemanusiaan pertolongan kita bisa lebih cepat tiba di lokasi. Semua korban kita larikan ke RSUD Ratu Zalecha,Martapura,” kata Sunarto.

Menurut dia, semua korban berasal dari SMP Negeri 1 Gambut. Kondisi korban mengalami sesak nafas, pusing dan mual.

Sunarto juga mengungkapkan korban tidak hanya anak perempuan, namun ada pula anak laki-laki. “Kini, semua korban sedang dalam pertolongan petugas kesehatan di RSUD Ratu Zalecha,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.