Peringati Arba’ Mustamir, Ratusan Warga Tatakan Gelar Tolak Bala

SEBANYAK 550 jemaah menggelar peringatan Arba’ Mustamir di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Rabu (07/11/2018). Bertempat di Langgar Nurul Khalish, peringatan hari terakhir dalam bulan Safar ini digelar dengan agenda tolak bala.

DIPIMPIN oleh KH Syaukani Yusuf, ratusan jemaah dengan khidmat membaca surah Yasin. Mulut jemaah tak henti-hentinya membaca ayat “Salamun Qoulan Min Robbil Rohim” sebanyak ratusan kali. Dilanjutkan dengan doa tolak bala pada penutup acara.

Tokoh masyarakat Desa Tatakan, Ahmad Yamani menyebut hari terakhir bulan Safar memang perlu disambut. “Ini diikuti seluruh jamaah. Dari tokoh ulama, tokoh masyarakat, pemuda-pemuda di sini sampai pelajar,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan warga Desa Tatakan dan sekitarnya menggelar peringatan Arba’ Mustamir. Menurut sebagian literatur keagamaan, hari terakhir bulan Safar merupakan momentum diturunkannya ratusan bala. Dalam kultur Jawa, masyarakat juga mengenalnya dengan Rabu Wekasan.

Usai melaksanakan rentetan kegiatan untuk menyambut terakhir bulan safar, agenda dilanjutkan dengan ramah tamah serta makan bersama dengan menu Ketupat Kandangan. Kemudian pembagian air yang tadinya sudah dibacakan doa. “Ini dianggap sebagai berkah hari rabu terakhir,” tandas Yamani. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...