Kebakaran Hutan Mengintai, Dandim 1003/Kandangan: Asap Bikin Citra Bangsa Rusak

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) rentan terjadi di Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Upaya antisipasi karhutla terus dilakukan, misalnya melibatkan masyarakat setempat untuk ikut memahami bahayanya membuka lahan dengan cara membakar.

SOSIALISASI ini juga dilakukan oleh Satuan Tugas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Desa Malilingin kepada puluhan warga. Penyuluhan ini merupakan kegiatan Non fisik TMMD ke 103 Kodim 1003/Kandangan.

Dalam materinya, Suryani mengajak semua warga desa agar sama-sama menjaga hutan di wilayah masing-masing. “Masyarakat harus meningkatkan kepekaan untuk melestarikan lingkungan, jangan menggunduli hutan, jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan karena dampak yang terjadi akan berpengaruh dalam jangka panjang,” ujarnya.

Sementara, Dandim 1003/Kandangan, Letkol Inf Suhardji Aji Sriwijayanto menjelaskan menyebut dampak pembakaran hutan, lahan atau ilalang jelas sudah pasti merusak beragam aspek.

“Kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan akibat asap, gangguan kegiatan masyarakat dan citra bangsa di mata dunia juga,” ujar Aji. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...