1.788 Pelamar CPNS Pemkab Barito Utara diberikan Pembekalan Tes CAT

0

SEDIKITNYA 1870 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara diberikan pembekalan dalam rangka mengikuti tes menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari panitia  di Arena Tiara Batara Muara Teweh, Minggu (4/11/2018).

TES CAT-UNBK ini sama dengan tes CAT-BKN hanya saja yang membedakan penyelenggaraannya. Kalau CAT-BKN diselenggarakan  BKN pusat maka tes CAT-UNBK diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” kata Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat memberikan pembekalan.

Dikatakannya, Tes CAT-UNBK terdiri dari tes kompetisi dasar yang meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Kemudian tes kompetensi bidang yang mana nanti akan diselenggarakan apabila nilai tes kompetensi dasar sudah keluar dan dimumkan kembali siapa-siapa yang berhak mengikiuti tes kompetensi bidang tersebut.

Wabup Sugianto Panala Putra juga menyampaikan bahwa dengan Peraturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanan seleksi CPNS 2018, apabila dinyatakan lulus tes dan telah diangkat menjadi CPNS maka wajib mengabdi pada formasi penempatan awal dan tidak dapat mengajukan permohonan pindah dengan alasan apapun selama 10 tahun.

Menurutnya, apabila mengajukan pindah dianggap mengundurkan diri sebagaimana surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai 6000. Apabila dalam menjalani masa percobaan tersebut tidak menunjukan displin dan kinerja yang baik, maka pemerintah Kabupaten Barito Utara tidak segan-segan untuk memberhentikan dari calon PNS.

Oleh karena itu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai CPNS nantinya, Nadalsyah menekankan kepada semua CPNS untuk selalu mengutamakan loyalitas, pengabdian, kejujuran dan keikhlasan dalam melaksanakan setiap tugas yang diemban. Amanah itu agar dilaksanakan dengan penuh dedikasi, optimis dan kreatif bagi kepetingan masyarakat dan daerah.

“Saya megharapkan dari hasil kelulusan tes CPNS tahun 2018 ini akan diperolehh sosok-sosok CPNS yang mempu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemkab Barito Utara,”katanya.

Sementara, Sekda H Jainal Abidin mengatakan peserta pembekalan tes CAT UNBK seleksi CPNS dari formasi umum tahun 2018 berjumlah 1.788 orang dengan rincian pelamar online sebanyak 1.958 orang. “Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi 1.788 orang,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.