Kunjungi Kantor Redaksi Jejakrekam, LPM Sukma Dapat Materi Jurnalisme Daring

Didi Gunawan: Jangan Lupakan Validasi Data

0

CALON anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sukma UIN Antasari melakukan kunjungan keredaksian ke kantor media daring jejakrekam.com, Minggu (28/10/2018) di Kompleks Pondok Metro Indah Kayutangi. Para mahasiswa dikenalkan bagaimana mengelola media massa daring, khususnya dari segi administrasi dan manajemen redaksi.

TOTAL 23 calon anggota mendapatkan materi manajemen media dari Pimpinan Umum Jejakrekam.com, Didi Gunawan.Dalam kunjungan ini, para calon anggota sangat antusias dalam sesi diskusi, apalagi ketika pembahasan cara menyajikan berita ala media daring.

Dari poin penting diskusi, Didi menyebut kerja jurnalisme media online jangan sampai melupakan aspek validasi data. Meski mengutamakan kecepatan, bukan berarti deadline bisa menjadi alasan tidak akuratnya sebuah hasil reportase. “Jurnalis harus jeli melihat peristiwa, dan mewawancarai narasumber yang kompeten agar data yang didapat masuk ke dalam grade (tingkat) pertama,” tegasnya.

Ditambahkannya, ada beberapa tingkatan narasumber yang menentukan validasi data. Lantas, siapa yang paling sahih? Didi menyebut yang paling harus diwawancarai pertama kali adalah pelaku yang langsung berkaitan dengan peristiwa

“Ambil contoh, ketika liputan dalam lingkup kampus soal Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahal, wawancara pertama kali harus kepada mahasiswa yang merasakan langsung. Kemudian dapat dikomparasikan perbedaan angka per angkatan. Selanjutnya dapat bertemu dengan pertanyaan why atau mengapa. Dengan begitu, tulisan yang dihasilkan akan lebih tajam dan masuk kategori indepth news,” paparnya.

Ketua AJI Persiapan Banjarmasin ini juga berpesan bahwa peserta selaku calon Jurnalis harus selalu mengasah kepekaan. Sebab, seorang jurnalis dalam membongkar sebuah kasus memerlukan insting atau kepekaan. Simpelnya, wartawan patut curiga, ketika wartawan tidak curiga artinya tidak bisa menggali lebih dalam.

Pimpinan Umum LPM Sukma, Muhammad Rahim mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangkaian tour media pra Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). “Tour media ini tujuannya untuk mengenalkan jenis-jenis media pers baik media konvensional cetak, televisi, radio dan media online di wilayah lokal kepada calon anggota baru LPM Sukma, salah satunya adalah jejakrekam.com“, ujarnya.

Khususnya, dia berkeinginan agar para calon anggota bisa memahami manajemen media daring. Baik dari segi manajemen pemberitaan maupun manajemen rumah tangga media seperti administrasi, keuangan, dan sebagainya. Agenda tour media ini merupakan inovasi baru dari rangkaian agenda pra PJTD di LPM Sukma. “Baru diterapkan pertama kali tahun 2018 ini, sebelumnya pra PJTD hanya diisi diskusi materi teori per divisi”, tandas aktivis pers mahasiswa ini. (jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.