Dijamin Lebih Kuat, 2019 Nanti Jalan Nasional di Angsana Tanah Bumbu Dibeton

0

RUAS jalan arah Banjarmasin-Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, layaknya seperti ‘bubur’, penuh kubangan lumpur. Kondisi ini terus dikeluhkan warga dan para sopir yang melintasi akses penghubungan antar kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Ruas Jalan Achmad Yani, di wilayah pesisir Kalsel ini seakan dibiarkan tanpa ada perawatan, terlebih lagi peningkatan kualitas jalan yang vital bagi perekonomian warga.

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatran, Roy Rizali Anwar saat ditemui jejakrekam.com, Sabtu (27/10/2018) malam di Banjarmasin, mengungkapkan status jalan penghubung Batulicin-Banjarmasin khususnya di wilayah Angsana merupakan domainnya pemerintah pusat.

“Jalan itu statusnya jalan nasional, sehingga kewenangan berada di tangan Kementerian PUPR, terutama Balai Jalan Nasional, sehingga untuk perbaikan dan peningkatan ruas jalan itu menggunakan dana APBN, bukan kewenangan Provinsi Kalsel,” kata Roy Rizali Anwar.

Namun, mantan Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu ini memastikan akan segera menyampaikan aspirasi warga Kalsel, atas kerusakan parah yang terjadi di badan jalan wilayah Angsana dan sekitarnya. “Saya juga telah mendapat informasi dari Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu serta Komisi III DPRD Tanah Bumbu soal keluhan warga terhadap badan jalan yang rusak parah di wilayah Angsana,” ucap Roy.

Dia mengungkapkan dalam pertemuan Dinas PUPR Tanah Bumbu dan Komisi II DPRD setempat, telah dilayangkan surat ke Balai Jalan Nasional XI Banjarmasin mengenai usulan perbaikan dan peningkatan jalan nasional di Desa Angsana.

“Dari keterangan seorang kepala bidang perencanaan di Balai Jalan Nasional XI Banjarmasin, dipastikan pada tahun 2019 nanti telah dianggarkan dana perbaikannya. Bahkan, akses jalan yang sering banjir itu akan direkonstruksdi dengan struktur beton secara permanen. Sedangkan, untuk tahun 2018 ini, Balai Jalan Nasional XI Bajarmasin hanya melakukan pemeliharan rutin untuk mempertahankan kondisi permukaan jalan tetap berfungsi dan akses lalu lintas tetap lancar,” beber Roy.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.