Heboh, Saat Cari Cacing, Warga Belitung Darat Temukan Granat

0

WARGA Jalan Belitung Darat, Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin Barat, ramai berkumpul di tepian jalan. Mereka mengelilingi kawasan yang telah diberi garis pembatas oleh polisi, untuk menyaksikan proses penjinakan granat nenas yang ditemukan salah satu warga setempat, Sabtu (27/10/2018) pagi.

ANANG, warga Jalan Belitung Darat mengaku menemukan granat itu pada Jumat (26/10/2018) sore, sekitar pukul 18.00 Wita, ketika hendak mencari cacing untuk umpan memancing. Begitu mengorek tanah di kebun pisang yang tak jauh dari rumahnya, tak sengaja Anang justru menemukan benda yang diduga berbentuk granat.

“Waktu itu, granat itu muncul ke permukaan tanah. Kemudian, saya ambil dan dicuci,” kata Anang, sang penemu granat ini bercerita kepada wartawan, Sabtu (27/10/2018).

Bukannya melapor ke petugas, Anang justru menitipkan benda yang diduga granat itu kepada temannya bernama Sabri. Lucunya, granat yang belum bisa dipastikan masih aktif atau tidak justru disimpan di rumah Sabri semalaman penuh.

Besok paginya, Sabri kemudian meletakkan benda itu di sebuah warung. Hal ini membuat warga Belitung pun heboh. Mereka berdatangan untuk melihat benda yang dicurigai berbentuk granat itu.

Tak ingin terjadi hal yang tak diinginkan, seorang warga kemudian langsung mengontak jajaran Polsek Banjarmasin Barat. Petugas pun bergegas mendatangi lokasi. Kemudian, garis polisi dipasang agar warga tak mendekat ke lokasi, takutnya granat itu bisa meledak.

Berselang beberapa saat, Polsek Banjarmasin Barat pun mengontak Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda Kalsel. Menggunakan mobil dan pasukan penjinak bom, petugas langsung mengamankan benda yang dicurigai adalah bahan peledak itu.

Namun, Komandan Unit Jibom Gegana Satbrimob Polda Kalsel, Ipda Zainul mengatakan belum bisa memastikan apakah granat ini masih aktif atau tidak. “Kami terlebih dulu akan melakukan penguraian di Markas Brimob di Banjarbaru,” kata Zainul.

Seusai penanganan, mobil Gegana Brimob Polda Kalsel langsung meninggalkan lokasi. Begitu juga dengan sejumlah warga yang menyaksikan proses pengamanan granat oleh polisi, masing-masing membubarkan diri.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.