Dibangun Taman Gubernuran Dulu, Tahun Depan Digarap Tugu Nol Pal

0

PEMEBERSIHAN lokasi di kawasan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, telah rampung. Kini, hanya menyisakan satu bangunan utama berbentuk Rumah Banjar bubungan tinggi yang merupakan ruang kerja gubernur, wakil gubernur dan ruang rapat Sasangga Banua.

KAWASAN ini direncanakan akan disulap menjadi taman sekaligus ikon Kalimantan Selatan, berupa Tugu Pal Nol yang setara dengan tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Sayembara desain Tugu Pal Nol juga sudah dilaksanakan,  namun pembangunan fisik belum dimulai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Kalsel,  Nurul Fajar Desira, menjelaskan,  tahap awal pekerjaan pembangunan taman atau fasilitas penunjang.

“Program itu,  sudah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kalsel,” ucap Nurul Fajar Desira kepada wartawan di Banjarbaru, Kamis (25/10/2018).

Ia menyebut Pemprov Kalsel telah mengucurkan dana sebesar Rp 7,077 miliar untuk paket pekerjaan sarana dan prasarana penunjang kantor gubernur yang digarap PT Hamiri Artha Mulia ini.  “Tahun depan masih dilanjutkan pembangunan taman,”  kata Fajar.

Lantas kapan pembangunan Tugu Pal Nol?  Mantan Kepala Bappeda Kota Banjarmasin ini menerangkan tahun ini sudah dilaksanakan detail engineering design (DED).  Sehingga, beber dia,  tahun depan sudah bisa dilaksanakan pembangunan fisik Tugu Nol Pal.

“Tahun depan bisa dimulai pembangunan fisik tugu,  kami merencanakan pembangunan itu menggunakan dana CSR (corporate sosial responsibility),”  pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sayyidil Ahmada
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.