Antisipasi Karhutla, Setiap SKPD Diperintahkan Memiliki Mesin dan Petugas Damkar

0

FENOMENA kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalsel seperti momok yang terus mengancam saban tahun, setiap musim kemarau tiba. Terkait hal itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, memiliki strategi khusus dalam mengantisipasinya.

ORANG nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel ini pun memerintahkan, pada 2019 mendatang kepada kepala SKPD di lingkup Pemprov Kalsel, menyiapkan mesin dan regu pemadam kebakaran.

“Siap minta tahun depan setiap SKPD memiliki mesin dan regu pemadam sendiri. Boleh dianggarkan, tetapi yang penting jangan dikorupsi, dan harga mesin dan perlengkapan hanya Rp 5 juta,” tegas Sahbirin Noor.

Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini menyatakan, kalau di Lingkup Pemprov Kalsel ada 50 SKPD, maka nantinya akan ada 50 mesin pompa air dan 50 regu pemadam kebakaran.

“Tahun ini kita dikepung asap, tahun depan kita yang akan mengepung asap,” tegasnya dengan lantang.

Pada kesempatan ini ia mengaku, bahwa ia tidak bangga dibantu dengan helikopter pembom air. Sebab, biaya operasionalnya mahal. Ia akan bangga kalau kesadaran masyarakat Kalsel tidak membakar lahan semakin baik.

“Kalau lahan tidak dibiarkan tidur dan digarap dengan baik, maka ia tidak akan terbakar. Untuk itu kelola lahan dan manfaatkan lahan tidur, sehingga tidak terbakar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.