Perebutkan Hadiah Puluhan Juta, 65 Unit BPK Adu Ketangkasan di Kayutangi

0

LOMBA ketangkasan digelar Balakar 654 Banjarmasin bekerjasama dengan Pemkot Banjarmasin di Lapangan Sepakbola Kayutangi, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Minggu (14/10/2018). Dalam lomba ini diikuti 65 unit barisan pemadam kebakaran (BPK) dan petugas pemadam kebakaran (PMK) dengan menggunakan sistem gugur.

ADA menarik yang dipersembahkan bagi para juara dalam lomba ketangkasan, di antaranya 10 unit mesin penyemprot air berikut peralatan, selang air pemadam 10 roll serta hadiah lainnya plus piagam penghargaan. Termasuk, piala bergilir yang disediakan Pemkot Banjarmasin.

Bagi juara I diberi Rp 10 juta, juara II diganjar Rp 8 juta, dan pemenang ketiga Rp 6 juta. Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah pun menjanjikan untuk lomba ketangkasan tahun depan, nilai hadiah akan meningkat lagi.

“Bagi juara satu akan dihadiahi uang tunai Rp 20 juta. Sebab, lomba ketangkasan merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-942. Apalagi, Banjarmasin dikenal memiliki ratusan unit BPK atau PMK,” kata Hermansyah.

Selaku pembina BPK-PMK di Banjarmasin, Hermansyah berharap dalam lomba ketangkasan terjalin silaturahmi dan koordinasi antar relawan BPK dan PMK, termasuk rescue gabungan. “Hingga kini, jumlah BPK dan PMK se-Kota Banjarmasin, terutama yang dikelola swasta mencapai 450 unit,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, salah satu panitia pelaksana, Om Goler (02 BPK Seberang Masjid) mengungkapkan berbagai lomba ketangkasan yang harus diiikut peserta, di antaranya masuk ke gorong-gorong dengan membawa selang yang dibentangkan hingga komper dalam skema pemadaman api.

“Sebelumnya, mereka harus menaikki pagar setinggi satu meter. Jadi, mereka wajib mengarahkan semprotan air ke tiang untuk menjatuhkan ember  yang tergantung. Nah, jika ternyata jatuh, itu yang dinilai sebagai pemenang,” ucap Om Goler.

Rahman, anggota Rescue 911 Banjarmasin mengakui dalam lomba ketangkasan ini dibagi dalam beberapa kelompok sesuai nomor urut peserta saat pengambilan di Kantor PMI Kota Banjarmasin, beberapa hari lalu. “Ada 16 race dari 64 peserta yang dibagi dalam lomba ketangkasan ini,” kata Rahman.

Tergabung dalam race 1 adalah BPK KPI, BPK Star 10, BPK Seka, BPK Putra AMD. Sedangkan, Race 2 terdiri dari BPK Almahera, BPK AMD Permai, BPK KBI, BPK Rescue 911, dan race 3 diiikuti BPK Pancar, BPK Semida, BPK Paba, BPK Warfak, dan race 4 terdiri dari BPK Alqomar, BPK MG-Elang, BPK Komselta, dan BPK CMA. Sedangkan, race 5 ; BPK Morse, BP SP, BPK Belmas AKT, dan BPK Badingsanak.

Untuk race 6, ada BPK Rajawali, BPK Sampoerna, BPK Perintis dan BPK Telaga Biru. Sedangkan, BPK Kuripan, BPK Sangga Lima, BPK Mesjid Noor dan BPK Saga masuk dalam race 7. Selanjutnya, BPK Emirat, BPK Gunsar, BPK GP 12, BPK Satelit 88 tergabung dalam race 8.

Kemudian, race 9 diikuti BPK Konoy Keren, BPK RTK, BPK Syiar’rudin dan BPK Kebun Bayam. Untuk race 10, pesertanya adalah BPK Kini Balu, BPK Tim-Tim, BPK Putra Banua, dan BPK Galaxsy, dan race 11 dari BPK Gamper, BPK Simpang 4, BPK Forpas dan BPK SM.

Untuk race 12, ada BPK RTD, BPK Putar Daha, BPK MKT dan BPK Red Onion. Sementara, BPK Cempaka raya, BPK Uniska, BPK Darul Ibath dan BPK Syuhada tergabung dalam race 13. Khusus race 14, diikuti BPK Puma, BPK Rega, BPK Prosa dan BPK Orion. Dan, BPK Sei Baru, BPK Loksado, BPK Global dan BPK Benua Anyar tergabung di race 15, terakhir BPK Majta, BPK Berlia, BPK Indrapura dan BPK Dahlia tergabung di race 16.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.