Telkomsel dan DIVA Tandatangani Kerjasama Solusi Kasir Digital

0

TELKOMSEL berkolaborasi dengan PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA), anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menggelar kerjasama untuk memberikan solusi dari TELKOMSEL myBusiness kepada pelanggan di segmen Small Medium Enterprise (SME). Bentuk kerjasama tersebut, berupa solusi kasir digital, yang disebut T-Kiosk yakni sebuah layanan aplikasi Electronic Data Capture (EDC) berbasis android yang multi-fungsi.

DIREKTUR Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, kerjasama dengan DIVA ini memperluas jalinan kemitraan pihaknya sampai dengan tingkat SME akar rumput (grass root). Kerjasama ini, lanjut dia, sejalan dengan misi pihaknya untuk memperkuat penetrasi device, network dan application (DNA). Tentu saja, sebut Sukardi dalam mendorong penetrasi DNA tersebut memerlukan langkah nyata dan strategi bersama yang melibatkan berbagai pihak termasuk pelanggan segmen Small Medium Enterprise (SME).

“Telkomsel merupakan satu-satunya operator yang menyediakan 200 dedicated account manager nasional yang siap melayani pelanggan Small Medium Enterprise dan Large Enterprise. Hingga kini lebih dari 30.000 account SME di Indonesia yang telah bermitra dengan Telkomsel,” sebutnya.

Sukardi menambahkan, dengan dukungan teknologi serta keunggulan layanan seluler Telkomsel membuktikan bahwa Telkomsel merupakan mitra yang tepat dalam mewujudkan produktivitas dan efisiensi segmen SME dalam menjalankan usahanya.

Berbeda dengan mesin EDC yang pada umumnya hanya berfungsi sebagai terminal pembayaran, Sukardi membeberkan aplikasi T-Kiosk memiliki banyak fungsi.  Diantaranya, untuk melakukan distribusi produk digital, update produk, laporan penjualan, laporan keuangan, dan lainnya. Menurut dia, aplikasi T-Kiosk akan dapat digunakan pelanggan segmen SME pada November 2018. Dalam pengoperasiannya, pengguna dapat mendaftar via Telkomsel melalui Account Manager atau agen-agen yang telah ditunjuk sebagai penyedia layanan.

Pengguna aplikasi T-Kiosk, sebutnya akan mendapatkan benefit antara lain, paket internet 2GB untuk koneksi Diva Smart Outlet ke server aplikasi dan penggunaan Diva Smart Outlet. Pilihan lainnya adalah dengan melakukan registrasi untuk akses ke Diva Intelligent Instant Messaging (instant messaging for business) setiap bulannya selama 12 bulan dan mendapatkan keuntungan yang sama seperti di atas.

Untuk proses pembayaran, selain dapat menggunakan digital payment dari Telkomsel, yaitu TCASH, T-Kiosk ini juga dilengkapi dengan fasilitas pembayaran non tunai baik untuk Debit Card maupun Credit Card, Contactless Card untuk kartu e-money, QR Payment, serta dapat mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran atas transaksi. Kelebihan lain yang ditawarkan adalah kemudahan dalam pengoperasiannya. Oleh karena itu, T-Kiosk dapat menjadi solusi penjualan yang lengkap, praktis dan handal bagi pelanggan segmen SME.

Komisaris Utama DIVA dan Direktur Utama MCAS, Martin Suharlie mengatakan, sebagai digital business converter & accelerator, DIVA menargetkan untuk memodernisasi dan melengkapi SME di Indonesia dengan teknologi dan berbagai produk inovatif baik digital maupun non-digital yang dapat meningkatkan daya saing UMKM.

“Kami berkeyakinan dapat mendorong pertumbuhan usaha mereka dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mendigitalkan 8 juta SME di  2020.  Oleh karena itu,kami sangat gembira atas kolaborasi bisnis dengan Telkomsel melalui aplikasi T-Kiosk, khususnya untuk segmen SME, yang sejalan dengan visi kami untuk menjadi perusahaan hi-tech penyedia platform digital dan solusi Artificial Intelligence (AI) guna memberdayakan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.