Dilengkapi Berbagai Fitur, Aplikasi Laut Nusantara Kaya Informasi

0

APLIKASI Laut Nusantara sudah bisa dimanfaatkan sejak 30 Agustus 2018. Masyarakat nelayan di seluruh Indonesia bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data.

APLIKASI ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator. Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai.

Jarak ini masih sangat relevan mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Berikut fitur-fitur informatif yang tersaji di aplikasi Laut Nusantara:

Daerah penangkapan ikan untuk mengetahui sebaran ikan, potensi sebaran ikan, data cuaca (arah angin, kecepatan angin, cuaca, tinggi gelombang pada koordinat tertentu) dan status (aman, waspada dan bahaya) untuk melaut

Laporan tangkapan. Dalam aplikais ini nelayan melaporkan hasil tangkapannya ke dinas dan pihak terkait jenis ikan, berat ikan yang ditangkap dalam kilogram.

Gelombang Perairan. Informasi gelombang perairan Indonesia dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tentang arah gelombang dan ketinggian gelombang. Kemudian, informasi arah angin perairan Indonesia dari BMKG.

Informasi harga ikan pelabuhan. Dalam fitur ini menampilkan data harga ikan dari data Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, KKP, hal yang berkaitan dengan update data terbaru tidak berasal dari aplikasi ini.

Kemudian, nama ikan dan tiga penanaman dalam bahasa daerah, Inggris dan Latin. Aplikasi Laut Nusantara juga memuat fitur cuaca perairan, arah angin, kecepatan angin, curah hujan, kondisi cuaca, tinggi gelombang pada koordinat tertentu dan anjuran apakah aman, waspada dan bahaya untuk melaut.

Fitur juga berisi informasi pelabuha, perkiraan BBM terutama simulasi perkiraan BBM yang dibutuhkan bila ingin menuju titik tertentu. Kemudian, simulasi besar biaya yang diperlukan bila ingin menuju titik tertentu

Fitur chatting yang menjadi sarana untuk percakapan antarpengguna. Selain informasi berbasis data untuk meningkatkan produktivitas kerja, aplikasi Laut Nusantara juga menyajikan informasi yang bersifat edukasi mengenai potensi dan isu kelautan lainnya.

Informasi dan data tersebut antara lain mencakup keberadaan terumbu karang, pelestarian biota laut, hingga ancaman pencemaran. XL Axiata dan BROL akan terus mengembangkan aplikasi ini sehingga manfaatnya bisa menjadi lebih luas lagi.(jejakrekam)

 

 

Penulis Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.